Aquascaping & Koi Keeping Contest JOF 2015

jof9Dengan tema Gunung Gede, Yahya SW dan Rasyid MH dari Maqua FPIK Universitas Padjadjaran Bandung menjadi kampiun Aquascaping Contest Jakarta Ornamental Fish (JOF) 2015 di Food Centrum Mall di Sunter, Jakarta Utara. Keseimbangan dan keserasian tema itu memikat juri untuk mengukuhkan sebagai juara dengan total nilai 198.

Urutan kedua direbut Dian Margantara dan Muhammad Randhika dari Bekasi Aquascape dengan tema Green Canyon. Menurut Iqbal, pehobi aquascaping dari Jakarta Timur, penampilan juara ke-2 itu belum “matang”. “Masih perlu kejelian dalam menonjolkan bebatuan sebagai cermin Green Canyon,” katanya. Posisi ketiga direngkuh Maulana Akbar Putra dan Reyhan Inantio dari Maqua FPIK Universitas Padjadjaran dengan tema Goa Sanyaragi yang meraup total nilai 189.

Pada Koi Keeping Contest, Herry Susanto Wibawa dari Yogyakarta menjadi Grand Champion dan berhak mendapat hadiah tiket pesawat gratis ke Jepang. Di kategori Melati Grand Champion dan Cempaka Grand Champion, masing-masing direbut oleh Aditya dan M. Sebastian, keduanya dari Jakarta. “Kita apresiasi dengan memberi juga hadiah tiket gratis ke Jepang,” ujar Sugiarto, ketua acara sekaligus ketua Komisi Ikan Hias Indonesia.

Jakarta Ornamental Fish (JOF) 2015 resmi ditutup oleh Dirjen P2HP Saut P Hutagalung. Dalam sambutannya, Saut mengungkapkan bahwa acara itu perlu digelar setiap tahun, terutama sebagai apresiasi menyambut imlek. “Semoga tahun depan dapat berlangsung lebih besar lagi,” ujar Saut.

Selain menggelar kontes dan pameran, perhelatan JOF juga menggelar lelang koi dari Farm Ogata, salah satu farm besar di Jepang. Acara lelang yang berlangsung selama 1 jam itu mayoritas melelang koi-koi jumbo di atas ukuran 50 cm dengan pembuka harga lelang berkisar Rp4-juta-Rp5-juta.

jof7 jof8

jof3

jof1

Leave a Reply

Your email address will not be published.