Antikolesterol Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu merupakan jenis ubi jalar berdaging umbi ungu. Warna ungu itu disebabkan antosianin pada daging umbi. Semakin pekat warna ungu, semakin besar kadar antosianin di ubi jalar ungu tersebut.

Riset Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc dan rekan dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana pada 2004 memperlihatkan, kadar antosianin per 100 gram umbi segar mencapai 100-210 mg. Jumlah itu lebih tinggi dari bawang merah (39 mg/100 gram) dan kacang hitam (29 mg/100 gram).

Antosianin berperan penting. Antosianin merupakan senyawa fenolik, kelompok flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, senyawa itu mencegah penuaan, kanker dan penyakit degeneratif lain seperti arteriosklerosis. Antosianin juga mempunyai kemampuan antimutagenik dan antikarsiogenik. Manfaat lain antosianin adalah mencegah gangguan fungsi hati, antihipertensi dan antihiperglikemik atau menurunkan kadar gula.

Antioksidan ubi jalar ungu terbukti menghambat penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan dan menghambat sintesis kolesterol di hati. Riset Dr I Made Jawi MKes dan rekan dari farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, pada 2006 memperlihatkan, perlakuan uji ekstrak air ubi jalar ungu pada 10 kelinci uji selama 90 hari menunjukkan hasil signifikan. Artinya, kelompok kelinci itu mengalami penurunan kadar kolesterol total, penurunan trigliserida, penurunan LDL (kolesterol jahat), dan kenaikan HDL (kolesterol baik).

Riset lanjutan oleh I Made Jawi dan rekan pada 2011 memperlihatkan bila hewan uji yang rutin mendapat asupan ekstrak air ubi jalar ungu mempunyai kadar antioksidan tubuh tinggi dengan kadar MDA (malondialdehyde) lebih rendah dari kontrol tanpa diberi ekstrak air ubi jalar ungu. MDA menunjukkan nilai kadar gula darah postprandial terkait stres oksidatif yang memicu risiko gangguan kardiovaskuler di tubuh.

4 Responses to Antikolesterol Ubi Jalar Ungu

  1. avatar Abd.Wahid S

    Saya umur 50 th, obat yg dpt menjaga kebugaran kesehatan,apa ?

    • Untuk usia bapak, herbal yang dapat menjaga kebugaran adalah temulawak dan kunyit. Biasakan meminum perasan biang temulawak atau kunyit yang kaya kurkumin setiap 2 hari. Cara membuatnya blender 2 rimpang temulawak atau kunyit memakai 2 gelas air panas, lantas saring dan minum. Salam bebeja.

  2. Assalamualaikum. Saya berumur 44 tahun dan sering sekali mengalami sakit kepala, telinga, dan mata. Leher dan pundak terasa kaku. Menurut dokter ada peyempitan pembuluh saraf di ruas tulang leher. Adakah herbal yang bisa mengurangi rasa sakit kepala itu? Mohon bantuannya. Terimakasih

    • Wallaikumsalam. Kami memiliki satu kasus seperti bapak di Toraja, Sulawesi Selatan dengan gejala hampir mirip. Kondisinya membaik (antara lain: pusing hilang serta leher dan pundak tidak kaku) setelah mengonsumsi 4 botol kapsul bawang dayak dosis 3 kali sehari (masing-masing 2 kapsul) untuk pemakaian selama sebulan. Bila Anda berminat silakan hubungi CS kami di 0813 8217 5429 (SMS dan WA). Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *