Khasiat Kanker Daun Sirsak

Wajah Kiki pucat pasi tatkala perempuan berumur 55 tahun tersebut mendengar diagnosa dokter bahwa ia mengidap kanker pankreas.

Awalnya ia mengeluh demam, nyeri, dan pusing diiringi muntah sejak Maret 2011. Namun, kondisinya kian memburuk. Setiap kali makan, semua makanan yang ditelan dimuntahkan lagi. Bukan hanya itu fesesnya berdarah setiap kali buang air besar. Dokter pun menyarankan Kiki untuk melakukan operasi setelah keluhan-keluhan itu membuat sumbatan pada saluran empedu.

Biaya medis mahal yang membuat keluarga Kiki memutuskan untuk mencari pengobatan alternatif hingga bertemu seorang herbalis di Medan, Sumatera Utara. Sang herbalis menganjurkan Kiki mengonsumsi beberapa ramuan herbal, salah satunya kapsul daun sirsak yang dikombinasi kapsul kulit manggis.

Kiki menelan masing-masing dua kapsul daun sirsak, empat kali sehari. Sementara itu, dosis konsumsi kapsul kulit manggis dua kapsul, tiga kali sehari. Kombinasi dua herbal tersebut dilakukan karena stadium kanker Kiki sudah lanjut. Setelah 2 pekan mengonsumsi, kondisi Kiki berangsur-angsur membaik. Kulit yang semula pucat menjadi cerah kembali. Nafsu makan pun kembali normal seiring menghilangnya rasa pusing dan mual.

Hasil pemeriksaan medis pun menunjukkan sel kanker tidak lagi terdeteksi di pankreas dan penyumbatan di saluran empedu kian berkurang. Dengan demikian, operasi yang disarankan dokter pun batal dilakukan. Meskipun kondisinya membaik, Kiki tetap mengonsumsi kedua herbal itu. Hal itu dilakukan karena pengobatan kanker paling tidak membutuhkan waktu minimal 1 tahun.

Mengapa kapsul daun sirsak mujarab? Tak lain karena daun sirsak memiliki senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia tersebut hampir terdapat di semua bagian tanaman sirsak seperti daun yang telah terbukti mengobati kanker, abses, arthritis, dan cacingan, hingga akarnya yang dapat dimanfaatkan untuk obat penenang.

Pada kasus Kiki, sejalan dengan salah satu hasil riset terkait daun sirsak yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa daun sirsak Annona muricata manjur mengatasi berbagai penyakit kanker, antara lain kanker paru-paru, ginjal, pankreas, dan usus besar.

Keampuhan sirsak ini tak lain karena ditemukan kandungan senyawa aktif yang dikenal dengan sebutan acetogenins. Dari berbagai laporan diketahui bahwa acetogenins dapat menghambat ATP (adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi kanker untuk berkembang. Cara kerja acetogenins adalah masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP pada dinding mitokondria. Efeknya sel kanker berhenti berkembang karena produksi energinya berhenti. Yang istimewa, senyawa aktif acetogenins bersifat selektif, yaitu hanya menyerang sel kanker dan tidak menyerang sel normal.

Fakta daya sembuh daun sirsak semakin menguat setelah sejumlah riset peneliti AgrEvo Research Center yang tertuang dalam The Journal of Natural Product menyebutkan bahwa daun sirsak dapat memiliki daya membunuh sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibandingkan kemoterapi.

2 Responses to Khasiat Kanker Daun Sirsak

  1. Abang saya saat ini sedang perbaring di rs, mohon alamat untuk mebeli kapsul daun sirsak & kulit manggis. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

73 + = 81