Jamur Kombucha Sembuhkan Rematik

kombuchaWisanti di Bintaro, Tangerang, Provinsi Banten, kerap didera nyeri telapak kaki dan sendi di lutut kiri. Tubuhnya pun lemas berkepanjangan disertai nyeri otot. Semula ibu 2 anak itu abai pada gejala itu selama 3 bulan. Pada Januari 2013 rasa sakit itu tak tertahan lagi sehingga Wisanti mendatangi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta.

Pascapemeriksaan, dokter memvonis Wisanti menderita penyakit rematik. Menurut dokter seperti dituturkan Wisanti, penyakit rematik dapat dipicu penimbunan asam urat, infeksi bakteri, cendawan maupun virus, dan kelainan sistem kekebalan tubuh. “Pada saya diduga karena kelainan sistem kekebalan tubuh,” ujar perempuan 45 tahun itu. Kondisinya berangsur-angsur membaik setelah minum obat dokter, tapi rasa lemas, lelah, dan nyeri sendi belum sepenuhnya hilang.

Atas saran kerabat, Wisanti diminta mengonsumsi jamur kombucha. Kerabatnya pula yang membawa setoples jamur kombucha. Wisanti lantas mengonsumsi 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Pada hari ke-10 konsumsi, semua keluhan penyakit rematik sirna. “Rasa lemas dan sakit di sendi hilang,” ujarnya. Wisanti tetap rutin meminum jamur kombucha dengan mengurangi dosis konsumsi menjadi 1/2 gelas per hari.

Jamur kombucha alias jamur dipo merupakan koloni organisme ragi dan bakteri, berbentuk lembaran gelatin berwarna putih setebal 0,5-1,5 cm. Jamur dipo bermakna benteng itu tumbuh pada larutan teh manis. Kombucha dari nama tabib di Jepang dipakai pertamakali untuk menyembuhkan Inkyo, Kaisar Jepang yang sembelit.

Cara membuat kombucha mudah. Caranya, didihkan 1 liter air lantas diberi 4 kantong teh celup. Setelah didiamkan 15 menit, tambahkan 4-5 sendok gula, lantas aduk. Setelah larutan teh dingin, masukkan ke stoples sekaligus dengan bibit jamur kombucha. Stoples ditutup kain bersih dan diikat karet gelang. Jamur dipo itu disimpan pada suhu ruang 22-30 derajat Celcius selama 7-10 hari. Setelahnya, jamur siap diminum.

Keampuhan jamur kombucha mengatasi penyakit rematik karena kandungan vitamin B1. Vitamin B1 atau thiamin memperbaiki metabolisme karbohidrat serta mencegah penumpukan cairan pada jaringan kaki serta sendi. Selain itu, asupan jamur kombucha juga meningkatkan kadar asam kondroitin sulfat, bagian dari tulang rawan pelapis permukaan sendi yang memelihara kesehatan persendian.

Jamur kombucha juga mengandung asam hyaluronidase. Asam itu merupakan pelumas sehingga fungsi sendi tetap terjaga baik. Setelah konsumsi jamur kombucha, jumlah asam itu meningkat, sehingga persendian aus dapat lentur. Sintesis asam itu biasanya diinjeksi dokter ke tubuh pasien rematik agar nyeri dan pegal lenyap.

2 Responses to Jamur Kombucha Sembuhkan Rematik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *