Khasiat Albumin Ikan Gabus

ikan-gabus

Ikan gabus merupakan sumber albumin. Sejatinya albumin merupakan hasil sintesis protein hati. Menurut Prof Dr dr Nurpudji M. Daud MPH SpGK, ahli gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin, hampir penyakit berat dan akut seperti kanker, gagal ginjal, diabetes, tuberkolusis, dan jantung ditandai dengan menurunnya kadar albumin tubuh ( hipoalbumin).

Hipoalbumin itu menyebabkan tekanan osmotik darah menurun sehingga cairan di darah keluar lantas menerobos masuk ke jaringan organ tubuh lain. Cairan itu memicu pembengkakan atau edema. Selama ini untuk mengatasi kekurangan albumin tersebut dilakukan dengan memberi infus albumin, tapi cukup mahal karena infus albumin itu diproduksi dari plasma darah manusia.

Solusi murah dengan mengonsumsi ikan gabus. Riset Prof Dr Eddy MS dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya, ikan gabus mengandung 25,2 gram/100 gram protein dengan kadar albumin mencapai 62,24 gram/kg dan unsur seng (Zn) sebesar 17,41 mg/kg. Unsur seng tersebut dari sejumlah literatur mendorong penyembuhan luka lebih cepat. Apalagi unsur seng mudah diserap tubuh. Kandungan protein ikan gabus juga lebih banyak dari albumin pada daging, kacang-kacangan, dan telur.

Konsumsi ikan gabus 2 kg/hari bisa meningkatkan kadar albumin mencapai standar 3,5-5 gram/dl dalam waktu 8 hari. Pilihan lain dengan membuat jus daging ikan gabus yang dikukus dahulu. Dosis konsumsi sama, 2 kg/hari. Namun bila kesulitan memperoleh ikan gabus, kini beredar ekstrak albumin ikan gabus bentuk kapsul, jel, dan cair.

21 Responses to Khasiat Albumin Ikan Gabus

  1. mantap infonya gan.

  2. Apa bisa buat yang sehat?

    • Untuk yang sehat disarankan mengonsumsi ikan gabus karena albumin bisa mempercepat penyembuhan luka. Namun khusus ekstrak albumin, sebaiknya tidak perlu dikonsumsi karena asupan albumin dari luar tersebut akan terbuang melalui urine apabila albumin di tubuh masih dalam kondisi normal. Salam bebeja

  3. ikan gabus itu seperti ikan dengel itu gak? kalau lihat bentuknya seperti ikan dengel

    • ikan gabus di tanahair biasa juga dipanggil sebagai ikan kuthuk dan dengel. Salam bebeja

  4. Terimakasih atas tanggapannya. Salam bebeja

  5. Kalau kami di banjarmasin, ikan gabus mudah dicari, biasa di bakar, digoreng, dipepes, dikukus.
    tapi biasa cara makan nya di campur kuah cacapan (campuran bawang merah mentah diiris, dicampur asam jawa/belimbing wuluh, garam, penyedap rasa, cabe, air.
    kira2 apakah dgn makan pakai cacapan itu tadi berkurang kadar albumin atau protein nya?
    terima kasih atas informasinya…

    • Kadar albumin tidak akan berkurang karena pada proses pembuatan ekstrak albumin hingga menjadi kapsul juga melalui proses pemanasan. Salam bebeja

  6. Luarbiasa artikelnya semoga banyak orang yang terbantu dengan info ikan gabus tersebut.

    • Terimakasih bapak. Semoga informasi kami dapat selalu bermanfaat bagi Anda. Salam bebeja

  7. Kalau di Palembang ikan gabus menjadi bahan pembuatan Pempek. Tiap hari kami mengonsumsi pempek.

  8. Kapsul ekstrak ikan gabus menghemat 10% biaya infus.

  9. Saya masih punya jahitan setelah melahirkan. Apakah konsumsi ikan gabus dengan mengorengnya masih dapat membantu penyembuhan luka? Terimakasih.

    • Konsumsi ikan gabus dengan cara menggoreng masih bermanfaat. Namun yang perlu diperhatikan saat mengoreng gunakan api kecil sehingga tidak merusak albumin. Salam bebeja.

  10. Ikan gabus mirip kemungkinan satu famili dengan ikan toman. Apakah sama jumlah kadar albuminnya?

    • Ikan toman memang berkerabat dengan ikan gabus. Sejauh ini belum terdapat riset yang mengukur kadar albumin pada ikan toman. Salam bebeja

  11. Bagaimana cara membuat kapsul albumin?

    • Pembuatan kapsul albumin dilakukan dengan melakukan ekstrasi lantas mengeringkan hasilnya melalui vacum dryer. Proses tersebut biasanya harus memenuhi standar BPOM sehingga produk yang dihasilkan berkualitas. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *