Khasiat Albumin Ikan Gabus

ikan-gabus

Ikan gabus merupakan sumber albumin. Sejatinya albumin merupakan hasil sintesis protein hati. Menurut Prof Dr dr Nurpudji M. Daud MPH SpGK, ahli gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin, hampir penyakit berat dan akut seperti kanker, gagal ginjal, diabetes, tuberkolusis, dan jantung ditandai dengan menurunnya kadar albumin tubuh ( hipoalbumin).

Hipoalbumin itu menyebabkan tekanan osmotik darah menurun sehingga cairan di darah keluar lantas menerobos masuk ke jaringan organ tubuh lain. Cairan itu memicu pembengkakan atau edema. Selama ini untuk mengatasi kekurangan albumin tersebut dilakukan dengan memberi infus albumin, tapi cukup mahal karena infus albumin itu diproduksi dari plasma darah manusia.

Solusi murah dengan mengonsumsi ikan gabus. Riset Prof Dr Eddy MS dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya, ikan gabus mengandung 25,2 gram/100 gram protein dengan kadar albumin mencapai 62,24 gram/kg dan unsur seng (Zn) sebesar 17,41 mg/kg. Unsur seng tersebut dari sejumlah literatur mendorong penyembuhan luka lebih cepat. Apalagi unsur seng mudah diserap tubuh. Kandungan protein ikan gabus juga lebih banyak dari albumin pada daging, kacang-kacangan, dan telur.

Konsumsi ikan gabus 2 kg/hari bisa meningkatkan kadar albumin mencapai standar 3,5-5 gram/dl dalam waktu 8 hari. Pilihan lain dengan membuat jus daging ikan gabus yang dikukus dahulu. Dosis konsumsi sama, 2 kg/hari. Namun bila kesulitan memperoleh ikan gabus, kini beredar ekstrak albumin ikan gabus bentuk kapsul, jel, dan cair.

21 Responses to Khasiat Albumin Ikan Gabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *