Khasiat Sehat Daun Mangga

Bicara tanaman mangga, tidak semata mengulas buah. Bagian lain anggota keluarga Anacardiaceae itu seperti daun juga menarik ditelisik karena mempunyai khasiat yang jarang diketahui.

Daun mangga mengandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, dan triterpenoid. Senyawa mangiferin, misalnya terbukti praklinis sebagai sumber antioksidan kuat, peluruh lemak, penyembuh luka, antipenuaan, dan antidiabetes.

Peran daun mangga untuk mengatasi penyakit kencing gula juga mujarab, terutama pada diabetes tingkat 2. Itu efek senyawa mangiferin yang menstimulus pelepasan insulin di tubuh. Riset menunjukkan, ekstrak air daun mangga mempunyai aktivitas hipoglikemik yang mengurangi penyerapan glukosa pada usus. Sebab itu, sejumlah warga di Afrika, meminum air daun mangga sebagai obat penyakit gula.

Senyawa mangiferin juga menunjukkan aktivitas menghambat pertumbuhan bakteri penyakit seperti Bacillus pumilus, B. cereus, Staphylococcus aureus, S. citreus, Escherichia coli, Salmonella Agona, dan Klebsiella pneumoniae (penyebab radang paru, red). Menariknya lagi, mangiferin juga menghambat pertumbuhan sejumlah cendawan seperti Thermoascus aurantiacus, Trichoderma reesei, Aspergillus flavus, dan A. fumigatus.

Selain daun, ekstrak kulit batang mangga juga menghambat laju tumbuh sel kanker payudara MCF 7, MDA-MB-435 dan MDA-N, serta sel kanker usus besar (SW-620). Riset Nunes Selles AJ dari Centro de Quimica Farmaceutica di Kuba memakai hewan uji memperlihatkan, mangiferin kulit batang mangga bisa memaksa sel leukimia K562 mengalami apoptosis atau bunuh diri. Makanya, mangiferin potensial sebagai agen kemopreventif penderita kanker.

25 Responses to Khasiat Sehat Daun Mangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *