Khasiat Tersembunyi Gelembung Ikan

Saban pekan Yian di Salatiga, Jawa Tengah, mendatangi penjual ikan air tawar langganan di Pasar Raya. Selain rutin membeli ikan mas atau patin, perempuan 46 tahun itu kerapkali mengumpulkan gelembung ikan yang menjadi limbah. “Saya biasanya pesan kalau ada gelembung ikan, tolong dikumpulkan,” ujarnya. Gelembung yang sejatinya gelembung renang ikan itu dijadikan campuran sop oleh Yian.

Berkat rutin mengonsumsi gelembung ikan itu, Yian menuturkan ia terlihat awet muda dan kulitnya menjadi lebih halus. “Banyak yang menerka usia saya lebih muda dari sebenarnya,” tuturnya senang. Khasiat lain yang dirasakan oleh ibu 3 putri itu adalah terbebas dari gangguan pencernaan seperti mulas dan kembung yang dideritanya.

Gelembung ikan yang disebut sebagai fish maw tersebut populer di Tiongkok sebagai sebagai bahan tambahan pada aneka sop, bahkan menjadi makanan mewah bila memakai gelembung renang ikan kakap tawar, misalnya. Harap mafhum gelembung ikan gulama-sebutan lain kakap tawar-mencapai harga belasan juta per kg, tergantung kualitas.

Sejatinya gelembung renang itu bisa dijumpai di swalayan besar, meski tidak selalu tersedia. Gelembung ikan yang dijual tersebut sudah dikeringkan dalam bentuk padat dengan tekstur keras serta rupa mirip balon. Pengolahan sebelum dimasak dengan merendam di air selama 4-5 jam supaya lunak.

Kandungan tinggi kolagen membuat gelembung ikan tersebut berkhasiat. Di Tiongkok, konsumsi fish maw tersebut diyakini bisa mendongkrak kesehatan sistem metabolisme tubuh, mengencangkan kulit, menjaga kesehatan kulit, bahkan meningkatkan kesuburan pasangan pasutri.

Kolagen merupakan material protein berbentuk serat. Protein tersebut dominan dijumpai pada vertebrata tingkat tinggi seperti manusia. Hampir 1/3 protein di tubuh vertebrata merupakan kolagen. Kolagen juga merupakan komponen serat utama pada tulang, gigi, tulang rawan, lapisan kulit, tendon (urat daging), hingga retina mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 40 = 47