Maskoki Ranchu China Vs Thailand

Maskoki ranchu memiliki penggemar sendiri. Selama ini maskoki rancu yang beredar merupakan hasil ternakan penangkar di China dan Thailand, keduanya menjadi kiblat perkembangan maskoki ranchu di Asia selain Jepang.

Sejatinya kedua kiblat maskoki ranchu tersebut memiliki ciri berbeda dari cara menikmati ikan tersebut. Maskoki ranchu China dominan menarik bila melihatnya dari samping atau side view, sedangkan maskoki Thailand menawan bila menikmatinya dari atas atau top view lantaran coraknya berkumpul di atas punggung dan ekor.

China sendiri sudah menangkarkan ranchu sejak zaman Dinasti Sung hingga sekarang. Para penangkar di Thailand  baru 15 tahun lalu giat menangkarkan ranchu yang mayoritas diperoleh dari Jepang. Para penangkar maskoki ranchu di Thailand mengacu kepada Ranchu Okayama Breeder. Sebab itu wajar apabila jenis dan sosok  maskoki ranchu yang ditangkarkan di Thailand sama seperti di Jepang.

1.  Punggung

Thailand: Maskoki ranchu memiliki punggung melengkung. Jika diamati dari atas ia terkesan datar dan memanjang lalu tampak menurun di dekat pangkal ekor.

China: Punggung ikan melengkung agak lebih bulat. Jika dilihat dari samping  tampak langsing tapi perut membuncit. Yang paling bagus bebas dari benjolan lemak di sepanjang punggung.

 2.  Pangkal ekor

Thailand: Pangkal ekor merupakan kelanjutan dari punggung berukuran sedikit mengecil, tapi ujungnya tetap berbentuk persegi.  Pangkal ekor besar dan kokoh. Posisi sirip  di pangkal ekor lebih menempel dan lebih maju beberapa sentimenter.

China: Pangkal ekor mengerucut. Bila diamati lebih seksama sirip ekor itu  menempel persis di ujung pangkal ekor.

 3.  Sirip ekor

Thailand: Sirip ekor memiliki ukuran  seimbang di kiri dan kanan. Jika ditarik garis lurus akan tampak simetris.

China: Sirip ekor kuncup. Ia lebih mirip dekapan dua telapak tangan yang menempel tegak lurus. Sebab itu bila dilihat dari atas seperti segitiga yang  mengerut.

4.  Kepala

Thailand: Tonjolan berupa lemak menyebar teratur dan merata. Jika diamati dari atas terlihat menyerupai huruf  U dan mirip  kepala naga.

China: Tonjolan lemak mengumpul di kepala bagian depan. Kadang-kadang bentuknya tidak teratur dan lebih menjorok ke arah mulut.

5.  Postur

Thailand: Sosok tampak agak memanjang. Bila bulat justru tidak sedap dipandang lantaran terkesan gendut.  Panjang tubuh 10-15 cm.

China: Postur  tubuh bulat telur. Menggelembung di perut, tapi langsung mengecil di pangkal ekor. Panjang tubuh rata-rata 30 cm bahkan lebih.

maskoki-ranchu-china

 6.  Corak

Thailand: Dikenal 2 corak, merah dan putih. Berdasarkan banyak tidaknya corak di punggung dan ekor hingga kini dikenal 5 tipe ranchu.  Ada tosakin, kawaii, oya, dan nisai. Contoh kawaii dari kepala hingga sirip  ekor dominan merah.

China: Penyebutan nama mengikuti corak. Jika bercorak pancawarna disebut ranchu kaliko; hitam, black ranchu; terdapat 2 tonjolan di hidung,  ranchu pompom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 2