Bisnis Gurih Kodok Lembu

kodok-lembu

Berternak kodok lembu alias bullfrog? Mengapa tidak! Bila halaman belakang rumah Anda kosong, cobalah beternak bullfrog. Cukup kolam sederhana, lantas isi percil Cana catesbeiana.

Pakan? Tidak sulit karena bisa memakai pakan pelet. Kodok lembu siap panen saat berukuran 150-180 gram/ekor. Dalam waktu 1,5-2 bulan, modal Rp1,5-juta bisa kembali.

Pasar bullfrog terbentang. Sebagai gambaran, Wawan, pengepul di Surabaya, Jawa Timur, menyebutkan kebutuhan kota Buaya untuk kodok lembu mencapai 150-200 kg/hari. Ukuran yang diminta 6-8 ekor/kg. Jumlah itu sulit terpenuhi karena terbatasnya pasokan bullfrog dari peternak.

Di Jawa Timur, misalnya sumber pasokan bullfrog dari Kediri, Blitar, dan Tulungagung. Lebih jauh Wawan menjelaskan, permintaan kodok lembu itu datang dari rumah makan Tionghoa yang menyediakan menu swike goreng tepung atau swike asam-manis.

Ibukota Jakarta? Kebutuhan mencapai 1,5 ton/minggu. Serapan besar itu dipicu maraknya pusat jajanan dengan menu china. Sekadar contoh, lebih dari 50 restoran chinese food di Kelapagading, Jakarta Utara, separuhnya memajang menu kodok. Pasar lokal itu tidak cerewet soal ukuran. Yang diminta ukuran 7-8 ekor/kg. Bila ekspor, minimal ukuran 4-5 ekor/kg atau 200-300 gram/ekor yang diperoleh 4 bulan budidaya.

Secara hitungan dengan padat tebar pada bulan pertama 150 ekor/m2 serta pada bulan ke-2, 100 ekor/m2, total biaya 2 bulan sekitar Rp11.500/kg. Jumlah itu termasuk pakan (Rp4.500/kg), percil (Rp1.500/ekor), penyusutan kandang, dan risiko kematian. Dengan harga jual Rp14.000-Rp15.000/kg, diperoleh laba Rp1.500-Rp2.500/kg.

Pasar ekspor? Singapura termasuk yang membutuhkan. Pesaing pemasok untuk ekspor adalah Malaysia yang diuntungkan jarak. Harga kodok di Singapura mencapai 3 dolar singapura atau setara Rp18.000/ekor (kurs 1 Sin$ = Rp6.000). Bila dijual paha segar, harga lebih tinggi Sin$ 9/kg. Untuk 1 kg paha butuh 3-4 ekor bullfrog berbobot minimal 300 gram/ekor. Pengiriman juga bentuk beku sehingga perlu lemari pendingin alias cold storage.

Pasar lainnya, Hongkong yang sejauh ini sulit ditembus karena telah mendapat pasokan dari peternak bullfrog di China. Dengan kondisi itu, pasar lokal paling berpeluang, malah menggiurkan. Apalagi, sejumlah tempat di tanahair, merupakan daerah wisata warga Singapura seperti Batam di Kepulauan Riau.

47 Responses to Bisnis Gurih Kodok Lembu

Leave a Reply

Your email address will not be published.