Aneka Manfaat Pohon Kamboja

Pohon kamboja bagi masyarakat Bali memiliki arti penting karena melambangkan kesucian. Oleh sebab lambang suci itu ia dapat menghilangkan pengaruh jahat. Maka tak heran pohon kamboja pasti bertebaran di pura-pura di seluruh penjuru Bali. Di India pohon kamboja bahkan disebut sebagai temple tree.

Bunga kamboja kuning putih memiliki aroma harum yang khas dan bisa disimpan lama 2-3 hari. Sebab menebar aroma harum itu para penari tarian pendet (Selamat Datang) harus memakai bunga kamboja di kepalanya. Bila Anda sakit gigi, gunakan getah pohon kamboja untuk mengurangi nyeri.

Pohon kamboja juga memiliki tekstur kayu khas sehingga sering dijadikan bahan baku ukiran. bagi pengembang perumahan, kehadiran pohon kamboja memberikan suasana tropis yang kental. Sebab banyak manfaat, tidak sulit memperbanyak pohon kamboja tersebut.

Paling bagus kualitas anakan pohon kamboja dihasilkan dengan mencangkok. Namun biasanya membutuhkan waktu relatif lama sekitar 1,5-2 bulan. Bila ingin cepat, setek saja. Potong tangkai dahan pohon kamboja sepanjang 30 cm. sekitar 10 cm tangkai dahan tersebut lantas dibenamkan di dalam tanah, sisanya dibiarkan muncul di atas permukaan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 2