Potret Hardscape Pada Interzoo 2108

Stan Nomor 346 di Hall 4 di Exhibition Center Nuremberg, Jerman cukup menyedot animo pengunjung pameran Interzoo 2018. Sejumlah hardscape berupa aneka batu hingga kayu alam dipajang menyesaki area stan itu. Semua tertata rapi. Beberapa pengunjung dijumpai menanyakan fungsi dari beragam batu serta kayu tersebut pada staf penjaga.

Stan itu adalah Aquadeco, perusahaan yang khusus menyediakan hardscape untuk keperluan akuarium dan terarium di Munich, Jerman. Tren akuarium, terutama aquascaping serta akuarium laut sejak 2010 terakhir cukup mendongkrak permintaan hardscape di perusahaan yang berdiri sejak 1980 itu. Harap mafhum, Aquadeco mampu menyuplai hardscape dari berbagai penjuru dunia.

Tengok saja asal beragam batu. Sekurangnya terdapat 40 jenis batu yang dijual asal berbagai lokasi seperti batu Pulau Galapagos di Amerika Selatan sampai batu Sungai Yangtze di China. Pun kayu seperti kayu mangrove hingga beberapa jenis kayu asal Afrika seperti kayu mopani dan kayu opuwa. “Permintaan terus tumbuh sekitar 10% setiap tahun,” ujar Andreas dari Aquadeco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 1 = 8