Biji Saga Pengendali Serangga

Saga termasuk tanaman berpotensi sebagai pestisida nabati. Peran pestisida nabati itu adalah membunuh atau mengganggu serangan hama dan penyakit melalui cara kerja spesifik bebas residu.

Cara kerja itu seperti merusak perkembangan telur, larva, dan pupa, menghambat pergantian kulit, menganggu komunikasi antarserangga, membuat serangga menolak makan, menghambat reproduksi serangga betina, hingga menghambat perkembangan patogen penyakit. Sebab itu pestisida nabati dianjurkan dipakai karena sangat ramah lingkungan.

Terdapat 2 jenis saga, yakni saga pohon Adenanthera pavonina dan saga merambat Abrus precatorius. Saga pohon umum dipakai sebagai pohon peneduh, sedangkan saga merambat digunakan sebagai herbal untuk mengatasi penyakit seperti amandel, radang mata, serta sariawan.

Saga memiliki kandungan senyawa tanin dan toksalbumin. Dalam Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri disebutkan saga mempunyai senyawa abrin yang beracun di dalam biji. Apabila biji itu tertelan dapat menyebabkan keracunan. Hal itu telah diuji memakai hewan percobaan seperti tikus (dosis 0,02 mg/kg, kuda 200 g/kg) dan memang menyebabkan kematian, kecuali pada sapi, kambing, dan anjing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1