Buah Bintaro Pengusir Tikus

Pusing menghadapi tikus di rumah? Beragam cara mulai memakai alat penjebak hingga umpan beracun tidak juga ampuh mengusir tikus? Bila sudah begitu, cobalah memakai senjata baru: buah bintaro.

Tanaman yang menjadi nama daerah pemukiman menengah ke atas di selatan Jakarta tersebut, sejak lama diketahui bersifat racun. Racun itu terkonsentrasi pada biji dan daun. Penelitian TTM Hien dan rekan yang tertuang di jurnal Etnopharmakologi pada 1991, memaparkan bahwa racun pada tanaman bintaro yang mengandung senyawa seperti sesqui, sester, dan trilignan (seluruhnya menjadi cerberrin, red) itu sangat beracun bagi tikus.

Bila buah bintaro tersebut dikunyah oleh tikus, senyawa cerberrin akan membuat denyut jantung tikus berhenti. Efek serupa juga bisa menimpa makhluk hidup lain seperti ikan bahkan manusia yang memakan buah bintaro tersebut.

Bagaimana cara aplikasinya? Cukup mudah. Taruhlah buah bintaro pada jalur tikus atau beberapa titik yang Anda perkirakan sebagai tempat melintas tikus. Usahakan buah tersebut jauh dari jangkauan anak-anak. Gantilah buah bintaro yang mulai rusak dengan buah segar setiap 10 hari bila masih terdapat tikus berkeliaran di dalam rumah.

12 Responses to Buah Bintaro Pengusir Tikus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *