Si Cepat Bongsor Ikan Mas Marwana

Ingin beternak ikan mas yang cepat bongsor? Ikan mas marwana bisa menjadi pilihan tepat. Ikan mas jenis baru yang diproduksi oleh Balai Pengembangan dan Pemacuan Stok Ikan Nila dan Mas (BPPSINM) Wanayasa sejak 2013 tersebut telah dilepas sebagai varietas unggul berdasarkan keputusan Menteri KKP Nomor 27/KEPMEN-KP/2016.

Selain cepat bongsor, sejumlah keunggulan melekat pada ikan mas marwana seperti proporsi tubuh lebih panjang, tahan penyakit koi herpes virus (KHV), serta serangan bakteri Aeromonas hydrophyla, momok peternak ikan mas. Keistimewaan itu merupakan warisan genetik beberapa ras unggul yang terpilih menjadi indukan seperti ikan mas wildan, rajadanu, kuningan, dan majalaya.

Saat ini ikan mas yang dibudidaya rata-rata mencapai bobot 200 gram saat menginjak umur 6 bulan. Namun pada ikan mas marwana bobot serupa itu tercapai di umur 4 bulan lantaran cepat bongsor. Sebab itu ikan mas marwana memiliki umur panen lebih pendek sehingga konversi pakan pun lebih rendah.

Rasio konversi pakan (FCR-feed converstion ratio, red) lebih efisien 29,16% dibandingkan ikan mas biasa. Jadi, 1 kg pakan dapat menghasilkan 0,29 kg daging ikan marwana yang gurih. Selanjutnya, panjang tubuh ikan mas marwana pada umur 4 bulan mencapai 21,5-33 cm. Ketahanan terhadap penyakit KHV serta bakteri aeromonas mencapai 90% kali serta 50% lebih tinggi dibandingkan ikan mas biasa.

Yang menarik, riset Siti Nor Leli dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga pada 2017 mengungkapkan dengan pemijahan induk 1:1 (jantan dan betina) bisa diproduksi hingga 97.590 butir telur/kg induk dengan tingkat fertilitas 79,56%, serta ketahan hidup larva berumur 14 hari sebesar 46,67%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 19 = 28