Supaya Domba Dan Kambing Lekas Gemuk

Arifin Soleh di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama ini mengandalkan pakan hijauan seperti rumput untuk penggemukan belasan domba dan kambing miliknya. “Terkadang diberikan juga sisa sayuran dari pasar,” ujar pria 29 tahun tersebut. Sebab hanya mengandalkan pakan hijauan itu pertambahan bobot domba dan kambingnya tidak kentara.

Sejatinya Arifin dapat mengkombinasi pakan hijauan tersebut dengan pakan lain untuk memacu pertambahan bobot domba dan kambing. Bahan pakan yang dapat dipakai adalah ampas tahu, dedak, serta campuran vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dapat dicampurkan pada ampas tahu dan dedak. Seluruh bahan tersebut relatif mudah diperoleh.

Pakan alternatif lain yang menunjang penggemukan domba adalah gedebok pisang. Caranya membuatnya sederhana, sebuah gedebok pisang dicacah hingga seukuran koin Rp500 lantas dicampurkan dengan 1 liter tetes tebu atau 1 liter gula merah, 20 kg dedak, serta 5 tutup botol probiotik. Seluruh bahan tersebut difermentasi selama 8-10 hari sebelum diberikan kepada domba dan kambing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5