Tanaman Hias Pot Gantung

Rumah berteras kecil cocok diberi tanaman hias pot gantung sebagai pemanis. Itu menghindari kesan teras rumah “keras” lantaran minim tanaman.

Sejatinya, tanaman hias pot gantung elok dan menawan seperti tanaman hias di pot biasa di lantai teras. Syaratnya? Jeli memilih jenis dan apik menatanya.

Pilihan tanaman untuk tanaman hias pot gantung adalah tanaman bertipe merambat, berakar serabut, dan mayoritas tanaman penutup tanah. Jenis-jenis itu dipilah lagi berdasarkan kebutuhan sinar matahari, yakni jenis sedikit sinar matahari dan perlu sinar matahari penuh.

Bagaimana cara memilah? Hal terbaik dengan melihat arah sinar matahari di teras rumah. Bila teras dominan mendapat sinar matahari pada pagi dan sore hari, pilih jenis tanaman hias pot gantung yang butuh sedikit sinar matahari seperti Zebrina pendula dan Begonia semperflorens. Sebaliknya, bila teras lebih terpapar sinar matahari pada siang hari, pilih Lantana camara dan Verbena sp.

Setelah beres, agar penampilan semarak, pilih pula jenis pot yang menarik. Pilih bahan pot dari plastik dan kayu karena awet dan tahan lama. Pot juga perlu mempunyai sistem drainase bagus supaya air di pot tidak menggenang. Saat ini banyak pot gantung memakai tatakan seperti piring yang berfungsi mencegah air menetes serta menjaga kelembapan media tanam.

Media tanam terbaik untuk tanaman hias pot gantung adalah campuran tanah, pupuk kandang kambing, dan humus dengan perbandingan 1:1:1. Yang perlu diingat, sebelum media tanam dipakai, berikan dasar pot potongan gabus bentuk dadu setinggi 5 cm lantas dilapisi ijuk. Itu supaya sirkulasi udara di pot lancar.

4 Responses to Tanaman Hias Pot Gantung

  1. very good artical

  2. Artikelnya bagus dan bermanfaat bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *