Pupuk Cair Urine Kelinci Untuk Tanaman

urine-kelinciSiapa tak kenal kelinci. hewan imut-imut yang diternak dan menjadi satwa klangenan itu memiliki potensi besar sebagai sumber pupuk cair. Urine kelinci atau air kencing kelinci ternyata cairan yang berlimpah kandungan nitrogen (N) yang penting bagi tanaman.

Riset yang dilakukan Badan Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi, Kabupaten Bogor, pada 2005 memperlihatkan urine kelinci mengandung unsur N, P, dan K masing-masing sebesar lebih tinggi 2,72%, 1,1%, dan 0,5% daripada kotoran dan urine ternak lain seperti sapi, kerbau, domba, kuda, babi, bahkan ayam.

Apa peran nitrogen (N) pada tanaman? unsur N diperlukan oleh tanaman untuk pembentukan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang dan akar serta berperan vital pada saat tanaman melakukan fotosintesa dengan membentuk klorofil alias zat hijau daun.

Sejatinya bila urine kelinci tersebut dicampurkan pemakaiannya bersama kotoran kelinci sehingga kandungan unsurnya lebih lengkap, yakni 2,20% Nitrogen (N), 87% Fosfor (P), 2,30% Potassium (K), 36% Sulfur (S), 1,26% Kalsium (Ca), 40% Magnesium (Mg). Nah berapa sebenarnya produksi urine kelinci? Dari 10 ekor kelinci bisa diperoleh 2 liter urine per hari. Namun perlu dipahami urine kelinci terbaik berasal dari air kencing kelinci berumur 6-8 bulan karena urinenya sudah terbukti mengandung paling banyak unsur N, P, dan K.

Urine kelinci yang sebelumnya difermentasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Fermentasi penting untuk mereduksi atau mengurangi kadar amoniak yang pada ujung proses tersebut terurai menjadi nitrat yang sangat berguna bagi tanaman. Berikutnya urine yang telah difermentasi perlu dicampur air sebelum dipakai. Perbandingannya bisa 10 liter air dengan 0,5 liter urine kelinci fermentasi.

Pemakaian umumnya dilakukan dengan penyemprotan pada bagian tanaman, terutama daun. Daun yang disemprot sebaiknya bagian bawah karena di sana terletak stomata yang akan menyerap langsung pupuk cair urine kelinci tersebut ke tubuh tanaman. Pastikan pula penyemprotan tidak berlangsung di saat musim hujan.

Resep buat (skala rumah):

A. Bahan: 1 liter urine kelinci; 10 cc atau 1 sendok makan EM4; 10 cc molases/tetes tebu. Bisa diganti dengan seperempat batang gula merah yang dicairkan.

B. Cara buat: Taruh urine kelinci didalam jerigen kapasitas 5 liter, campurkan dengan EM4 dan molases/tetes tebu/gula merah. Selanjutnya, kocok jerigen selama 2-3 menit sehingga campuran homogen. Diamkan di ruang teduh selama 7-8 hari hingga selesai fermentasi. Sesekali buka jerigen untuk membuang gas yang ada. Fermentasi berhasil apabila setelah 7-8 hari, saat tutup jerigen dibuka, tidak berbau lagi.

C. Cara pemakaian: 1 liter air dicampurkan dengan 10 cc larutan urine kelinci.

61 Responses to Pupuk Cair Urine Kelinci Untuk Tanaman

  1. Pke Em4 apa pak,?

    • EM4 adalah effective microorganism. EM4 merupakan produk jadi (cair) yang bisa Anda peroleh di toko saprotan pertanian. Salam bebeja

  2. met malam pak.saya buat fermentasi seperti instruksi di atas, dibuat tanggal 10 mei. dan saat ini saya buka tapi masih tercium bau yang luar biasa seperti urin segar.nah itu bagaimana pak? tiap 3 hari saya buka soalnya jerigen gembung gede banget takutnya meledak.mohon pencerahannya ya pak?terimakasih

    • Selamat malam bapak. Terimakasih atas tanggapannya. Untuk kasus bapak proses fermentasi sudah berlangsung selama 18 hari. Terlalu lama. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab lambatnya proses fermentasi antara lain perbandingan antara urin dan mikroorganisme fermentasi tidak seimbang. Hal lain adalah jumlah populasi mikroorganisme stater terlalu sedikit sehingga fermentasi berjalan lambat. Untuk itu sebagai solusi adalah menambahkan mikroorganisme EM4. Untuk jerigen kapasitas 5 liter silakan bapak tambahkan sekitar 5 tutup botol EM4 ditambahkan dengan satu butir gula merah cair yang diencerkan. Gula merupakan sumber energi bagi mikroorganisme tumbuh dan berbiak sehingga populasinya di dalan jerigen lebih banyak. Jerigen secara berkala setiap 2–3 hari dibuka seperti bapak lakukan untuk membuang gas hasil fermentasi. Fermentasi yang berhasil ditandai dengan sedikit bau yang tercium dari fermentasi urine kelinci. Semoga dapat membantu. Salam bebeja.

  3. wah dulu saya pernah punya kelinci, urinenya gak saya manfaatkan, padahal banyak banget, sayang sekarang kelinci saya udah mati.

  4. saya mau tanya pak, selain untuk disemprotkan apakah ada keunggulannya kalau untuk disiramkan pak, dan bagaimana untuk manfaatnya. terimakasih.

    • Disemprotkan memiliki kelebihan karena bisa langsung diserap oleh stomata tanaman. Sebagai analogi bila disemprot langsung efek serupa bisa diperoleh dengan dosis misalkan 4 cc/liter. Dengan penyiraman dosis 3 kali lipat meningkat karena letak akar halus yang jauh sehingga membutuhkan media (air) lebih banyak supaya meresap ke bawah sehingga akar dapat mengambilnya. Salam bebeja

  5. bisa ga pa kalau fermentasi urin kelinci di simpan lama dan kualitasnya gemana

    • Hasil fermentasi dari urine kelinci dapat disimpan hingga 5 bulan pada suhu kamar dan jerigen tidak terkena sinar matahari. Kualitasnya memang akan berkurang kurang lebih 30–40% dibandingkan bila dipakai dalam waktu kurang dari 3 bulan bila tanpa perlakuan. Untuk mempertahankan jumlah mikroorganisme baik tambahkan cairan gula (gula merah atau gula pasir) setiap 1,5 bulan sekali. Salam bebeja

  6. sore pak, dimana saya harus menjual hasil fermentasi urine kelinci?

    • Sejauh pengamatan kami belum ada yang menjual fermentasi urine kelinci secara khusus. Kebanyakan dipakai untuk memenuhi kebutuhan pupuk sendiri. Hal yang menghambat mengapa fermentasi urine kelinci belum bisa menembus pasar adalah kepastian kontinuitas pasokan. Salam bebeja

  7. tanya pak, kalau urine kelinci kita tampung di ember dan langsung (tanpa fermentasi) disiramkan ke akar pohon atau sayuran, apakah akan tetap menjadi pupuk atau malah mematikan pohon? Makasih pencerahannya.

    • Urine kelinci yang disiramkan langsung tetap menjadi pupuk karena sejatinya urine kelinci seperti halnya pada manusia mengandung amonia. Amonia merupakan bahan dasar pupuk Urea yang selama ini dikenal luas oleh petani maupun pekebun. Namun perlu diingat jumlah kadar amonia pada urine sedikit sehingga memang perlu difermentasi supaya pupuk bisa mengandung kelengkapan senyawa penting yang berguna bagi tumbuhan. Pemberian urine pada pohon tidak akan menyebabkan pohon mati. Salam bebeja.

  8. Pak, mau tanya, utk gula, apakah ada bedanya kalau memakai gula pasir atau gula merah ? Dan dimana bisa beli urine kelinci di Jakarta ? Terima kasih sebelumnya.

    • Gula putih dan merah tidak berbeda. Intinya penggunaan gula menjadi syarat sebagai sumber energi mikroba untuk tumbuh dan berkembangbiak. Penyedia urine kelinci tidak banyak, dan umumnya terdapat di kota yang memiliki banyak peternak kelinci seperti Bandung (Jawa Barat) dan Wonorejo, Pasuruan (Jawa Timur). Salam bebeja

  9. Penggunaan urin manusia sebagai pupuk tanaman seperti urin kelinci sangat memungkinkan. Sebagai contoh di beberapa negara Eropa seperti Swedia, pupuk urin manusia sudah menjadi bagian dari Ecological Sanitation (Ecosan). Di tanahair, Rita Khairani SPd dari Medan, Sumatera Utara, misalnya, sudah melakukan penelitian urin manusia sebagai pupuk. Ia membuktikan bahwa urin manusia dapat digunakan sebagai pupuk tanpa mengurangi nilai higienisitas tanaman dan citarasa rasa produk. Bila digunakan urin manusia aplikasi pembuatan urin kelinci dapat diterapkan. Salam bebeja

  10. Fermentasi sempurna menghasilkan bau yang samar. Bila bau masih terlalu keras proses fermnetasi masih berjalan. Salam bebeja

  11. sy mau tnya pak, knapa hasil fermentasi urin klinci saya bau skali pak.
    Ukuran fermentasi drum isi 160 ltr tambah em4 1 1/2 botol.gula pasir 1 1/2 kg.
    Gmna cara menghilangkan bau pak?

    • Dengan kapasitas 160 liter (urin kelinci yang telah diencerkan) jumlah EM4 yang dipakai minimal 3 botol dengan gula pasir 3 kg. Pada kasus Anda, fermentasi berlangsung lambat karena populasi mikrob di dalamnya sedikit (hanya 1,5 botol EM4). Bau yang timbul memperlihatkan proses fermentasi masih berjalan.Salam bebeja

  12. salam bebeja, pak saya peternak kelinci dari tg.balai karimun. sekarang pelihara sktr 200 an ekor. mau tanya masalah urine kelinci:
    1. saya sudah simpan urine kelinci sejak 2 tahun yang lalu. sekarang ada sekitar 1500 an liter saya simpan dalam drum 150 lt an . apakah urine yg udah 2 tahun msh perlu di fermentasikan?
    2. urine nya sudah tak berbau. krn setahun lebih di simpan di tempat yg tdk kena sinar matahari langsung. apakah kualitasnya msh bagus u pupuk?
    trm kasih atas bantuannya

    • Urine kelinci yang sudah lama tidak dipakai (sudah kehilangan gas amonia yang menimbulkan bau) masih dapat digunakan sebagai pupuk dengan menambahkan larutan probiotik yang beredar di pasaran. Larutan probiotik penting untuk menambah jumlah populasi mikrob dan beberapa unsur penting (Mg, Mn, dan Zn) di dalam pupuk cair urine kelinci tersebut yang akan berguna bagi tanaman. Tambahkan 2-3 liter larutan probiotik untuk kapasitas stok urine kelinci Anda. Salam bebeja.

  13. Silakan, semoga bermanfaat. Salam bebeja

  14. Selamat sore, saya ingin membuat pupuk cair organik dengan cara seperti pada Bebeja. Nah apa dengan menambahkan EM4, pupuk cair saya masih bisa dikatakan organik?
    Terima kasih

    • EM4 atau Effective Microorganism bukanlah pupuk, melainkan mikroorganisme terseleksi yang berguna untuk mempercepat proses pembuatan pupuk. Penambahan EM4 pada bahan baku pupuk organik tetap menghasilkan produk pupuk organik. Salam bebeja.

  15. Selamat sore pak, saya mau bertanya apakah urin kelinci dapat diaplikasikan pada tanaman padi yg terkena dampak tanah masam? karena padi daunya menguning lama kelamaan mati

    • Untuk tanah masam, urin kelinci tidak memberi pengaruh. Supaya tanah kembali netral berikan kapur tohor atau kapur pertanian sebanyak 2-3 kg per meter persegi. Salam bebeja

  16. selamat sore pak,
    dapatkah air yg digunakan untuk campuran hasil fermentasi dg air payau yg ph-nya dibawah 5
    terimakasih

    • Air masam dengan pH di bawah 5 memang tidak disarankan dipakai untuk fermentasi. Fermentasi terjadi karena peran mikroorganisme. Mikroorganisme yang terlibat dalam fermentasi urine rata-rata tidak tahan dalam kondisi terlalu masam. Salam bebeja

  17. Dapatkah fermentasi urine tersebut memakai produk lain di luar EM4?

    • Pemakaian mikrob selain EM4 bisa dilakukan dengan jaminan mikrob tersebut memang dapat membantu proses fermentasi. Salam bebeja

  18. Fermentasi yang saya lakukan sudah berjalan 4 minggu, tapi masih berbau menyengat dan hasilnya hitam sekali seperti air got. Bagaimana solusinya?

    • Dari paparan, terlihat proses fermentasi berjalan lambat. Faktor penyebab fermentasi itu lambat adalah populasi mikrob terlalu sedikit. Saran kami tambahkan gula dikombinasi probiotik supaya populasi mikrob fermentasi lebih meningkat. Pastikan pula wadah dibuka setiap 2-3 hari untuk membuang gas hasil fermentasi. Semoga membantu.

  19. Saya ingin bertanya, untuk fermentasi memakai molases dan gula merah mana yang terbaik? Terimakasih.

    • Bila dibandingkan, dengan asal bahan pembuat, molases memiliki derajat kadar briks atau tingkat kemanisan hingga 15, sedangkan gula merah dari nira yang umumnya dijual sekitar 11 derajat briks. Tingkat kemanisan berpengaruh terhadap ketersediaan sumber karbohidrat. Keduannya dapat dipakai, bergantung dari ketersediaan dan kemudahan memperolehnya di lokasi Anda. Salam bebeja

  20. Apabila jumlah urine kelinci 100 liter, berapa campuran EM4 dan molases. Berapa lama fermentasinya?

    • Untuk 100 liter urine setidaknya membutuhkan 5 liter molases dan 3 botol EM4. Fermentasi akan berlangsung selama sekurangnya 2 pekan. Salam bebeja

  21. Apakah urine kelinci yang tidak tersimpan selama 8-10 tahun masih dapat difermentasi? Kalau bisa bagaimana caranya?

    • Urine kelinci yang sudah tersimpan lama sebaiknya tidak dipakai lantaran pH sudah menjadi basa dan senyawa yang penting dalam proses fermentasi, yakni ammonia sudah terurai. Semoga dapat membantu.

  22. Apakah penyiraman memakai fermentasi urine boleh dilakukan setiap hari? Terimakasih

    • Penyiraman memakai urine sebaiknya dilakukan setiap 3-4 hari sekali. Hal itu lebih karena hasil fermentasi dapat diserap maksimal, sebelum diberikan ulang. Penyiraman setiap hari tidak apa-apa dilakukan, tapi tidak memberikan efek signifikan. Artinya cukup dengan setiap 3-4 hari berefek serupa. Dengan cara ini Anda dapat lebih menghemat. Salam bebeja

  23. Apakah penambahan seperti empon-empon berpengaruh terhadap kandungan nutrisi?

    • Penambahan empon-empon tidak mempengaruhi kandungan nutrisi. Yang perlu dicermati adalah penambahan tersebut sebaiknya dilakukan setelah fermentasi usai. Hal itu untuk menghindari pengaruh buruk akibat kehadiran empon-empon terhadap mikrob yang membantu proses fermentasi. Salam bebeja

  24. Ingin bertanya informasi penjual indukan kelinci terpercaya. Terimakasih.

  25. Fermentasi yang saya lakukan persentasi bahan sudah sesuai dengan yang bebeja utarakan, yaitu dalam 5 liter urine saya campur dengan 25 ml EM4 dan 50 ml larutan gula pasir pekat. Namun setelah 2-3 hari saya buka muncul gelembung di permukaan seperti abu sisa pembakaran kayu yang berwarna abu-abu. Pertanyaan saya apakah hal itu normal?

    • Dari paparan Anda yang perlu dikoreksi adalah dosis. Untuk 5 liter urine diperlukan 50 ml EM4 (dosis per liter 1 ml EM4). Berikutnya munculnya gelembung menandakan terjadinya proses fermentasi yang biasanya akan diikuti dengan perubahan warna menjadi keruh. Munculnya gelembung seperti abu sisa pembakaran sebenarnya jarang terjadi apabila yang dipakai benar-benar urine normal. Munculnya abu memperlihatkan pada urine tersebut terdapat karbohidrat yang pecah melalui proses fermentasi. Padahal dalam urine tidak boleh terdapat karbohidrat yang menandakan adanya penyakit. Pada manusia, misalnya munculnya glukosa (dari karbohidrat) pada urine memperlihatkan fungsi tubulus ginjal yang tidak berfungsi. Semoga membantu.

      • Kalau kejadiannya seperti itu apakah masih bisa digunakan untuk pupuk pak?

        • Masih dapat digunakan dengan catatan dosis EM4 diberikan lebih banyak, naik 3 kali lipat supaya populasi mikrob fermentasi lebih tinggi supaya proses perombakan amonia dapat berjalan lebih lancar. Salam bebeja

  26. Kalau untuk urine marmut apakah kualitasnya lebih baik daripada urine kelinci Pak?

    • Selama marmut diberi pakan seperti kelinci, otomatis urine yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Mengapa kelinci lebih banyak dipakai? urine kelinci lebih mudah diperoleh ketimbang marmut. Salam bebeja

  27. Apakah setelah proses fermentasi berhasil urine tersebut berubah menjadi tidak ada berbau sama sekali atau ada bau tapi tidak seperti bau urine kelinci pak? Soalnya setelah saya tambahkan EM4 sebanyak 3 kali lipat seperti yang bapak sebutkan, setelah 2 minggu masih tetap berbau. Padahal dari 50 ml larutan gula pekat yang normalnya hanya 1 sendok makan gula pasir saya sudah kasih 2 sendok makan.

    • Selama fermentasi berlangsung timbul gas dari perombakan amonia yang berbau. Sebab itu secara berkala setiap 2-3 hari wadah fermentasi perlu dibuka. Hasil akhir dari fermentasi, tetap berbau tetapi cenderung sedikit harum mirip bau tapai, tidak sekeras atau menyengat saat fermentasi awal berlangsung. Semoga membantu. Salam bebeja

  28. Kalau ada kesempatan, buat juga artikel untuk pembuatan pelet kelinci Pak, biar tambah lengkap pengetahuan kita. Terimakasih.

  29. Pak saya mau tanya, cara memupuk pakai urine pada tanaman cabai bagusnya disiram atau disemprot…trims

  30. Apakah tanda pada tanaman apabila sudah dilakukan penyiraman pupuk organik tersebut, khususnya melon?

    • Pupuk organik lebih bersifat memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi lebih subur bila tanah tersebut sebelumnya memakai pupuk kimia. Tanah yang subur menjamin ketersediaan unsur makro dan mikro bagi tanaman secara alami. Pada tanaman, efek yang akan terlihat adalah pertumbuhan vegetatif lebih baik. Daun lebih hijau solid yang berarti klorofil melimpah sehingga fotosintesa tanaman akan memberikan pengaruh lebih bagus secara keseluruhan pada pertumbuhan tanaman seperti ketahanan terhadap penyakit. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 − = 49