Rumus Cabang Buah

pohon-manggaBagaimana bila tajuk pohon Anda dibentuk menyerupai payung? Lantas apa unggulnya? Tajuk berbentuk payung selain secara estetika menarik karena tidak menjulang, juga secara produksi bentuk payung bisa lebih tinggi karena cabang tempat buah melekat lebih banyak.

Bila Anda membeli tanaman dari bibit dengan tinggi 30-40, setelah batang terbentuk lurus, pucuk daun sebagai tempat titik tumbuh dipangkas. Dari bagian itu akan tumbuh 2-4 cabang baru.

Yang paling bagus 3 dan 4 cabang. Pada 3 cabang nantinya akan membentuk sudut 120 derajat mirip bentuk kipas, sedangkan cabang 4 dapat membentuk sudut 90 derajat dengan masing-masing cabang yang ditarik memakai kawat bisa tumbuh ke arah 4 penjuru mata angin: barat, timur, utara, dan selatan.

Bentuk tajuk payung yang membulat memiliki rumus percabangan 1-3-9. Bila yang muncul hanya 7 cabang lebih baik diulangi dari batang ke-3 karena menyebabkan bentuk payung tidak seimbang. Salah satu sudut menjadi lebih rimbun. Dengan 7 cabang berarti tiga cabang pecah menjadi 3-2-2.

Supaya tajuk bagus, cabang dijaga agar tumbuh bersamaan, tidak boleh ada yang tumbuh lebih dominan. Seandainya terlanjur, cepat pangkas cabang tersebut untuk memberi kesempatan yang lain mengejar. Cabang yang sudah dipangkas mungkin akan mengeluarkan cabang baru lebih dahulu. Namun itu tidak masalah, tinggal mengatur tingginya saja dengan pemangkasan. Kombinasi bentuk payung dapat dihasilkan dari rumus percabangan 1-2-9-27. Dengan rumus ini tanaman indah dipandang dari semua sudut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 − = 78