Memupuk Tanaman Hias

pupuk-tanaman-hias

Bagi tanaman hias, pupuk seperti kebutuhan makanan pada manusia. Tanaman hias memerlukan pupuk untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Bila pada makanan terdapat istilah gizi, pada pupuk hal tersebut dikenal dengan unsur hara yang terdiri atas unsur makro dan mikro.

Tanaman hias butuh unsur makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) dalam jumlah cukup agar tumbuh sehat. Kehadiran unsur besi (Fe), boron (Bo), magnesium (Mg), klorida (Cl), dan mangan (Mn) sebagai unsur mikro juga perlu untuk mendukung pertumbuhannya.

Kekurangan pupuk dapat berpengaruh pada penampilan tanaman hias. Pupuk pada dosis rendah hanya membuat tanaman sekadar mempertahankan kelangsungan hidup. Misalnya, kekurangan unsur nitrogen menyebabkan daun kuning dan layu. Kekurangan unsur fosfor membuat daun mengering. Sebaliknya, kelebihan pupuk juga merusak tanaman, bahkan menyebabkan kematian.

Saat ini telah tersedia pupuk majemuk yang sudah jadi. Beragam merek pupuk dijual di toko sarana pertanian, kios tanaman hias, atau nurseri. Bentuknya beraneka, mulai cair, serbuk atau bubuk, dan butiran atau tablet. Bahannya ada yang organik dan anorganik. Aplikasinya ada pupuk daun dan pupuk akar.

Cara pemakaian pupuk mesti sesuai dengan jenis tanaman hias yang dipelihara. Tanaman hias indoor seperti aglonema, philodendron, keladi hias, dan anthurium butuh jenis pupuk berbeda dengan tanaman hias outdoor seperti adenium atau euphorbia. Belum lagi fase tanaman hias yang berbeda pula menuntut jenis dan jumlah nutrisi berlainan juga.

Biar praktis, dapat menaburkan pupuk butiran karena bersifat slow release-daya larut lambat sehingga dapat dibutuhkan sesuai keperluan tanaman hias. Selain pupuk, ada hal yang perlu dipahami agar tanaman hias tumbuh subur dan sehat, yaitu media tanam. Juga aplikasi pupuk sebaiknya pada pagi hari antara pukul 09.00-10.00, di saat matahari belum terlalu panas supaya terserap oleh tanaman secara maksimal (NS Budiana).

NS-BudianaRiwayat Penulis:  NS Budiana, berpengalaman sebagai jurnalis di Majalah Trubus selama 5 tahun dan editor di PT Penebar Swadaya-penerbit buku pertanian. Seorang penulis buku produktif yang telah menghasilkan 30 buku, beberapa di antaranya menjadi best seller. Menjadi pembicara di kelas pelatihan penulisan buku. Saat ini ia aktif mengembangkan usaha jasa penulisan buku inscript@publishing service dan ghostwriter. Di sela-sela waktunya, ia berusaha mewujudkan terbitnya 100 buku. Korespodensi nsbudiana@yahoo.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =