Pupuk Tanaman Semusim Dan Tahunan

Fase generatif pada tanaman merupakan masa pembentukan bunga dan buah yang memerlukan pupuk supaya diperoleh panen memuaskan. Pupuk yang diperlukan pada saat itu adalah pupuk mengandung unsur nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Unsur nitrogen, misalnya berperan menjaga kesehatan tanaman sehabis berbuah, sehingga mendorong munculnya tunas-tunas baru.

Sejatinya fase generatif memerlukan banyak unsur fosfor dan kalium. Fosfor berguna merangsang pembentukan bunga, sedangkan unsur kalium bermanfaat untuk mencegah kerontokan bunga sehingga dapat menjadi buah. Unsur kalium juga mendorong buah menjadi manis.

Pada tanaman umur semusim seperti cabai, jagung, tomat, dan melon, fase generatif berlangsung pendek. Berbeda dengan tanaman tahunan seperti jeruk, belimbing, serta apel yang mempunyai fase generatif panjang. Sebab fase generatif itu berbeda, maka jenis pupuk yang diberi pun berlainan.

Pada tanaman semusim, pemupukan bertujuan menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk menunjang pembungaan dan pembuahan. Unsur penting adalah fosfor dan kalium yang perlu segera diberikan sebagai pupuk daun.

Pemupukan melalui akar bisa dilakukan, tapi tanaman akan lama menyerap. Pilihlah pupuk dengan komposisi fosfor dan kalium tinggi dibandingkan unsur nitrogen, seperti NPK 9:45:21; NPK 6:20:30; atau NPK 8:22:33. Penyemprotan pupuk dilakukan menjelang tanaman berbunga hingga berbuah besar. Dosis pemupukan sesuai petunjuk pada kemasan setiap 10-12 hari sekali.

Pada tanaman tahunan, pemupukan perlu dilakukan berulang-ulang meski buah sudah dipetik karena tanaman tetap tumbuh. Berilah pupuk dasar setahun 2 kali pada awal dan akhir musim hujan. Jenis pupuk dasar yang diberikan dapat berupa pupuk majemuk seperti NPK atau tunggal seperti Urea, TSP, dan KCl.

Pemupukan dasar bertujuan menghasilkan tanaman dengan percabangan kuat. Saat pembungaan mulai muncul, lakukan pemupukan persis seperti tanaman semusim sehingga diperoleh buah besar dan manis.

4 Responses to Pupuk Tanaman Semusim Dan Tahunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *