Si Mungil Ayam Serama

Gambaran ayam serama yang mungil memang pas. Lihatlah ukuran ayam serama hanya sekepalan tangan orang dewasa. Bobot jantan dewasa 350 gram dan betina, 300 gram dengan tinggi sekitar 15 cm, sehingga ayam serama disebut sebagai the smallest bantam chicken alias ayam kate terkecil di dunia.

Penampilan ayam serama sungguh memikat. Lihat saja, ketika berdiri tegak, dada tampak membusung dan sayap tegak lurus. Kepala tegak, bahkan melengkung ke belakang menyentuh ekor yang mengembang lurus.

Jantan mirip Arnold Scwazenegger, aktor laga Hollywood atau Bruce lee, bintang film asal Hongkong, sedangkan betina seperti bintang bomsex Dolly Parton. Ayam serama diciptakan oleh Wee Yean Een, warga Kelantan, Malaysia. Ayam ini hasil silangan ayam kate jepang dan ayam lokal Malaysia yang sudah diseleksi selama 10 tahun.

Nama serama diambil dari tokoh pewayangan, Sri Rama.Yang istimewa pada ayam serama adalah kemampuan untuk mengawini cukup tinggi. Pada umur 2 bulan saja sudah belajar mencumbui lawan jenisnya. Tanpa basa-basi ia langsung menaiki betina meski tidak terjadi penetrasi. Sayang, lantaran sosok kecil kemampuan bertelur minim. Daya tetas pun cukup rendah.

Ayam serama mudah dipelihara. Pakannya sedikit terdiri atas campuran konsentrat, jagung. dan dedak, 2:3:5 yang diberikan sehari 2 kali. Sesekali ayam serama dimandikan dengan sabun mengandung disenfektan supaya bulunya mengkilap dan terhindar dari kutu.

Berikutnya menjemur setiap pagi, pukul 09.00 selama 1-2 jam. Ayam serama juga butuh dilatih apalagi bila hendak diikutkan ke kontes. Latihannya sederhana: lepaskan ayam serama di atas meja pajang, lalu biarkan ia berjalan-jalan ke sana ke mari yang secara tidak langsung membentuk mental dan gaya berjalannya.

4 Responses to Si Mungil Ayam Serama

  1. avatar Heryanto Matma,SH.

    I like banget

  2. Trimah kasih atas sarannya , sangat berguna bagi permula .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

99 − = 98