Gaharu: Sesquiterpena Alami

gaharu

Nilai berharga dari sebuah pohon gaharu adalah kehadiran gubal. Gubal merupakan substansi aromatik berupa gumpalan berwarna cokelat muda, cokelat kehitaman, sampai hitam yang terdeposit di antara sel-sel kayu dalam bentuk resin.

Deposit resin ini mengakibatkan kayu yang seratnya lepas dan berwarna putih berubah menjadi kompak padat berwarna hitam serta wangi. Resin ini termasuk golongan sesquiterpena yang mudah menguap.

Gubal terbentuk sebagai reaksi pertahanan sel-sel jaringan kayu terhadap serangan cendawan dan bakteri patogen. Secara alami gaharu mengeluarkan sesquiterpena, senyawa kimia bersifat fitoaleksin yang bersifat toksik alias beracun untuk melawan cendawan dan bakteri patogen (sehingga memunculkan gubal) seperti Fusarium oxysporum, F. solanii, Libertella sp, Trichoderma sp, Scytalidium sp, dan Thielaviopsis sp.

Sesquiterpena menghasilkan aroma wangi sehingga dunia mengenalnya sebagai sesquiterpena aromatik. Tingginya harga gubal gaharu disebabkan senyawa sesquiterpena sangat spesifik. Senyawa tersebut tidak dapat dibuat secara sintetis atau dipalsu memakai bahan lain. Khusus Aquilaria malaccensis dijumpai memiliki dua senyawa sesquiterpena yakni jinkoh eremol dan jinkohol II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =