Kayu Balsa Naik Daun

Kayu balsa digadang-gadang menjadi kayu masa depan lantaran pertumbuhannya bisa lebih cepat daripada sengon dan jabon yang saat ini marak dibudidaya. Dalam 3-4 tahun, diameter pohon balsa mencapai 30 cm dengan tinggi lebih dari 20 m.

Bandingkan dengan primadona kayu cepat tumbuh lain, seperti sengon dan jabon. Keduanya perlu 5 tahun untuk mencapai ukuran sama. Wajar lantaran riap tumbuh kayu balsa Ochroma pyramidale itu mencapai 7,5 cm per tahun, sedangkan jabon dan sengon masing-masing hanya 4,2 cm dan 4,1 cm per tahun.

Penanaman balsa bisa monokultur maupun tumpangsari. Jarak tanam ideal tanpa penjarangan adalah 6 m x 2 m. Namun jika menanam pada jarak 3 m x 3 m antartanaman, lakukan penjarangan secara teratur agar pertumbuhan maksimal.

Sampai saat ini permintaan balsa di luar negeri juga cukup banyak. Beberapa perusahaan lokal mulai mengekspor balsa ke Jepang, Cina, Inggris, Amerika, Timur Tengah, dan Eropa. Sebanyak 80-90% pasokan kayu balsa dunia berasal dari Ekuador, sisanya dari Bolivia, Brasil, dan negara-negara Asia tropis, termasuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 − = 17