Sawar Bintang Festival Durian Mijen 2016

durian5Senyum Sawar tersungging pada Festival Durian Mijen Semarang 2016 di Lapangan Jatisari, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Durian gudel berbobot 5,3 kg miliknya dinobatkan sebagai kampiun durian terbesar pada perhelatan yang berlangsung 23-24 Januari 2016. Sawar berhak atas hadiah Rp1,5-juta.

Bobot durian itu mengalahkan bobot durian terbesar di festival serupa pada 2015 yang mencapai bobot 4,8 kg. Saat dijumpai kontributor bebeja.com, Rizky Fadhilah, Sawar mengungkapkan bahwa durian gudel juara itu berasal dari pohon induk berumur 39 tahun. Buah produksi pohon yang dirawat khusus itu rata-rata mencapai 3-5 kg.

Selain turun lomba, durian Gudel lain berbobot 5 kg dipajang oleh ayah Dedy itu di stannya agar menarik minat pengunjung pameran. Sawar menjelaskan meskipun berbobot besar, durian gudel termasuk istimewa lantaran berdaging buah kuning terang, legit dan manis serta bebas dari rasa pahit. “Durian ini termasuk yang dicari pembeli karena besar mirip montong,” katanya.

Tidak hanya lomba, festival juga menampilkan bazar durian serta makan durian sepuasnya dengan tiket Rp100.000. Beragam jenis durian unggul dari Kabupaten Semarang, terutama dari kawasan Mijen dan Gunungpati yang merupakan sentra durian memenuhi lapak-lapak pedagang. Harga jual durian itu bervariasi antara Rp50.000-Rp150.000 per buah. Durian-durian tenar setempat seperti durian wedhus, kholil, bagong hingga Brongkol juga tersedia bagi para maniak durian.

durian2 durian1

durian3 durian4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

43 − 41 =