Pangkas Sengon & Jabon Jadi Cepat Tumbuh

sengon

Pemangkasan sengon dan jabon perlu dilakukan sejak tanaman berumur 2,5 tahun atau mencapai tinggi 3-4 meter. Mengapa pemangkasan penting? Secara alami, daun dan cabang yang tidak terkena sinar matahari tetap perlu nutrisi.

Begitu, daun dan cabang tersebut dipangkas, proses pembentukan tunas daun menjadi lebih cepat sehingga mempercepat pula pertumbuhan tanaman. Cara itu terbukti dapat memacu sengon dan jabon berumur 2,5 tahun mencapai tinggi lebih dari 5 meter.

Pada jabon, pemangkasan dilakukan pada cabang terbawah yang mulai ternaungi saat daun di atasnya tumbuh membuka. Untuk menjangkau cabang yang semakin tinggi dapat dipakai galah dengan ujungnya diberi sabit.

Pemangkasan juga mengurangi peluang terbentuknya mata kayu pada batang utama. Berbeda dengan sengon yang mesti dipangkas rutin, tanaman jabon mempunyai mekanisme absisi alias menggugurkan daun.

Sejatinya, terdapat 3 jenis daun berdasarkan umur: daun muda, daun produktif, serta daun tua. Dari ketiga daun itu, hanya daun produktif yang aktif berfotosintesis dan memberikan energi untuk pertumbuhan tanaman.

Meskipun daun muda berada pada pucuk tanaman dan paling banyak mendapat sinar matahari, ia belum mampu berfotosintesis maksimal. Daun tua, meski berukuran besar, tapi hanya mempunyai sedikit klorofil. Itu sebabnya warna daun tua menjadi kuning kecokelatan.

Daun tua yang sudah tidak berfotosintesis akan menjadi beban pohon karena ia tetap menyerap nutrisi. Sebab itu daun tua mesti dibuang supaya nutrisi dapat digunakan untuk membentuk jaringan kayu pada batang utama.

Jabon memiliki asam absisat yang berfungsi menggugurkan daun-daun tua. Berbeda dengan sengon yang memerlukan pemangkasan teratur, agar tanaman tumbuh cepat dan berbatang lurus. Namun perlu diingat pemangkasan yang mempercepat pertumbuhan tersebut bisa berefek buruk, yakni bekas pangkasan menjadi jalan masuk hama dan penyakit.

Agar kondisi itu tidak terjadi, pemangkasan dilakukan dengan menyisakan cabang sepanjang 10-15 cm. Kecuali daun, sisa cabang itu akan layu dan rontok dengan sendirinya. Dengan demikian batang utama tumbuh cepat tanpa risiko terserang hama dan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 73 = 83