Produksi Minyak Kelapa Murni

minyak-kelapa-murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil merupakan minyak yang diproses secara alami dari daging kelapa segar. Untuk menghasilkan minyak kelapa murni berkualitas tinggi tidak sulit.

Yang paling mudah dengan cara pemanasan bertahap pada suhu rendah. Cara itu praktis, terutama bagi pekebun di desa-desa pesisir yang memang sudah terbiasa memproduksi minyak kelapa melalui pemanasan untuk dikonsumsi sendiri. Berikut ini teknologi pengolahannya.

Pilih kelapa tua yang dipanen umur 11-12 bulan lantas dibelah. Berikutnya keluarkan daging buah lalu diparut dengan mesin pemarut. Parutan kelapa selanjutnya ditambah air dengan perbandingan 1:2. Campurkan hingga homogen lantas peras dan saring untuk memperoleh santan. Setelah itu tuangkan santan ke dalam wadah lalu diamkan selama 2-3 jam hingga tampak terbentuk 2 lapisan, yakni kepala santan (krim) dan air. Pisahkan krim dari skim dengan cara menyedot bagian skim ke luar.

Selanjutnya tuangkan krim ke dalam wajan lalu panaskan perlahan-lahan hingga mencapai suhu 95 derajat Celcius dan tampak terbentuk minyak dan blondo. Saat warna blondo putih, bahan diangkat dan ditiriskan atau didinginkan. Biarkan selama 1 jam lalu saring untuk memisahkan minyak dan blondo.

Minyak lantas dipanaskan lagi selama 10-15 menit dengan suhu sama seperti sebelumnya untuk menghilangkan air yang masih tersisa. Setelah itu dinginkan kembali dan saring. Hasil penyaringan itu adalah minyak kelapa murni. Blondo dapat dipanaskan kembali untuk mendapatkan minyak goreng kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

69 + = 77