Cara Buat Tanaman Sukulen Mini

0
37
sukulen mini

Tanaman sukulen yang dibuat berukuran mini memang disukai. Cara membuat tanaman sukulen mini tersebut antara lain memakai paklobutrazol. Paklobutrazol merupakan senyawa retardan alias penghambat yang berfungsi menekan titik tumbuh tanaman sehingga sel berhenti membelah.

Zat pengatur tumbuh itu diberikan dengan terlebih dahulu melarutkannya, lantas meneteskan cairan larutan memakai pipet ke titik tumbuh tanaman. Pemberian rutin minimal 1 kali sehari bisa menghambat biosintesis hormon giberelin yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel tanaman. Sebab itu, daun-daun tumbuh menjadi kerdil.

Paklobutrazol merupakan senyawa organik yang digunakan sebagai fungisida dan pengatur tumbuh tanaman. Paklobutrazol dapat menghambat biosintesis hormon giberelin yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan batang dan daun tanaman. Dengan begitu, paklobutrazol mengurangi pertumbuhan vegetatif dan meningkatkan pertumbuhan generatif seperti pembungaan dan pembuahan. Paklobutrazol juga meningkatkan ketahanan tanaman terhadap stres akibat kekeringan, suhu rendah, serta serangan hama dan penyakit.

Paklobutrazol memiliki struktur siklik. Paklobutrazol pertama kali disintesis oleh kelompok Imperial Chemical Industries (ICI) yang bekerja di Jealott’s Hill. Paklobutrazol termasuk ke dalam kelas bahan kimia trizole, yang memiliki cincin 5 atom dan memiliki 3 atom nitrogen. Paklobutrazol mempunyai titik leleh 165-166°C dan titik didih 460,9°C. Paklobutrazol larut dalam air sebanyak 22,9 mg/L pada suhu 20°C.

Paklobutrazol dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman, mulai tanaman hias dan buah. Aplikasi paklobutrazol dapat melalui penyemprotan, penyiraman, atau pencelupan. Dosis paklobutrazol tergantung pada jenis, usia, dan kondisi tanaman. Paklobutrazol harus diberikan hati-hati karena jika terlalu banyak atau terlalu sering dapat menyebabkan tanaman kerdil permanen dan menyisakan residu berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Bahan lain untuk membuat tanaman sukulen mini adalah karbit. Kalsium dari karbit dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Kalsium menyebabkan dinding sel tanaman kaku sehingga sulit membelah. Namun karbit hanya membuat daun tumbuh abnormal sementara. Artinya, bila perlakuan itu dihentikan pertumbuhan tanaman kembali normal.

Karbit merupakan senyawa kimia berbentuk kristal padat berwarna abu-abu kehitaman. Karbit digunakan untuk pembuatan gas asetilen, yang merupakan bahan bakar untuk las gas atau las karbit.

Karbit diproduksi dengan mereaksikan kalsium oksida (kapur) dengan kokas (batu bara) pada suhu tinggi di tungku listrik. Reaksi itu menghasilkan karbit dan karbon monoksida. Karbit harus disimpan hati-hati karena dapat bereaksi dengan air atau kelembapan serta melepaskan gas asetilen yang mudah terbakar serta beracun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here