Talang Hidroponik Pakai Bambu

0
25
talang hidroponik

Pemakaian bambu sebagai pengganti talang PVC hidroponik bisa dilakukan. Meski begitu beberapa hal perlu dicermati dengan pemakaian bambu tersebut. Pilih bambu lurus dan tidak melekuk. Hal itu penting untuk menjamin aliran nutrisi bisa lancar ketika memakai hidroponik sistem NFT.

Perlu diingat, bambu memiliki sifat absorber sehingga sebagian nutrisi akan terserap oleh bambu itu sendiri. Sebab itu, ukuran garis tengah bambu sangat mempengaruhi kebutuhan nutrisi. Sifat absorber pada bambu meupakan kemampuan bambu untuk menyerap air, suara, dan getaran. Sifat itu dipengaruhi antara lain oleh komponen kimia dan anatomi bambu, seperti kadar air, berat jenis, selulosa, hemiselulosa, lignin, dan modulus elastisitas.

Hal lain, perlunya pemakaian filter berupa kain kasa saat nutrisi keluar menuju bak nutrisi sebelum masuk lagi ke sistem hidroponik. Itu untuk mencegah serpihan serbuk dari bambu menyumbat nozzle, terutama pada sistem hidroponik tetes.

Dengan tujuan memanfaatkan bahan di sekitar, netpot dapat menggantikan gelas plastik air mineral. Lubangi bagian bawah gelas supaya akar bisa menyentuh nutrisi dan bagian samping gelas agar sirkulasi udara di perakaran lancar. Bila gelas sulit menyentuh nutrisi, kombinasikan dengan sistem sumbu dengan meletakkan kain seperti sumbu kompor minyak pada dasar gelas yang terhubung larutan nutrisi pada pipa bambu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here