3 Ramuan Dongkrak Susu Kambing

Produksi susu kambing peranakan etawa (PE) rata-rata mencapai 0,49-0,70 liter/hari dengan produksi tertinggi sekitar 0,87 liter/hari. Namun ternyata produksi susu kambing PE tersebut dapat ditingkatkan dengan memberikan kombinasi pakan tertentu sehingga produksi susu bisa mencapai 1 liter/hari.

Kuncinya terletak pada pemberian pakan yang kaya dan berlimpah protein. Berikut 3 ramuan pakan yang dapat mendongkrak produksi susu kambing PE.

1. Pemberian rutin ampas tahu, ampas tapioka, dan bungkil jagung bisa melesatkan produksi sampai 1 liter/hari. Kombinasi pakan tersebut juga membuat susu kambing menjadi gurih.

2. Pemberian tetes tebu alias molase dan daun katuk. Caranya setiap 1 kg daun katuk yang telah dikeringkan dicampurkan 0,5 kg molase, kemudian dijemur ulang selama 2 hari.

3. Pemberian rutin cacahan kering kulit singkong dan bungkil kedelai. Keduanya memiliki kandungan protein tinggi yang dapat memacu produksi susu hingga 1 liter per hari. Pemberian pada kambing dilakukan pada malam hari.

2 Responses to 3 Ramuan Dongkrak Susu Kambing

  1. Kalau satu liter susu kambing etawa dijadikan dalam bentuk bubuk, akan dihasilkan berapa gram susu bubuk pak?

    • 1 liter susu kambing etawa bila diproses menjadi bubuk susu dapat diperoleh 80–90 gram. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + = 19