Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)

ayam-KUB

Tahukah Anda berapa produksi telur ayam kampung? Paling tinggi sekitar 75-80 butir/tahun. Dibandingkan dengan ayam ras, mencapai 260 butir/tahun.

Produksi telur ayam kampung rendah itu disebabkan karena ayam kampung merupakan keturunan ayam hutan merah Gallus gallus yang mempunyai sifat mengeram. Waktu mengeram rata-rata 21 hari.

Hal itu berpengaruh pada reproduksi yang menyebabkan anjloknya produksi telur. Pada kondisi normal seekor induk bisa 4-5 kali memproduksi telur, masing-masing 10-15 butir per siklus.

Beragam cara dilakukan untuk mengurangi sifat mengeram. Salah satunya memelihara ayam kampung memakai kandang baterai. Cara itu dapat mendongkrak produksi hingga 80 butir/tahun dengan frekuensi bertelur 7,5 kali/tahun. Namun produksi itu belum cukup bila ayam dipakai sebagai mesin produksi DOC.

Adalah Dr Ir Tike Sartika MSi dari Balai Penelitian Ternak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang menelurkan ayam kampung unggul. Ayam kampung unggul Balitnak (KUB) itu produksi telur mencapai 154 butir per 6 bulan sehingga cocok sebagai mesin penghasil day old chick (DOC) ayam kampung.

Kemunculan KUB memang menjadi solusi produktivitas rendah ayam kampung petelur. Itu karena KUB nyaris tidak memiliki sifat mengeram. Tike yang meriset KUB sejak 1998 menuturkan, hanya 5-10% KUB yang mengeram dari 500 induk. Daya tetas telur KUB pun tinggi, mencapai 75-80%; normal 70-75%. Sebab itu wajar bila memakai KUB, produksi DOC melonjak 1,5-2 kali lipat.

Saat ini KUB telah tersebar ke sejumlah peternak di Ciamis, Sukabumi, Cianjur dan Bogor (seluruhnya di Jawa Barat. red) dan beberapa daerah di Sumatera. Meski demikian ayam berbobot 1-1,5 kg/ekor itu tidak cocok dijadikan ayam pedaging lantaran agak lambat tumbuh.

Sebagai gambaran, bobot ayam 700 gram diperoleh setelah 3 bulan. Solusinya dengan mengawinkan betina KUB dengan jantan sentul, ayam lokal asal Ciamis. Ayam kampung sentul dipilih karena bersosok besar. Pertumbuhan bobot ayam sentul mencapai 900 gram dalam 70 hari. Dari perkawinan itu bisa diproduksi DOC cepat tumbuh sehingga cocok pula sebagai ayam pedaging.

11 Responses to Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *