Azolla Pakan Ternak Bergizi

Azolla yang banyak mengambang di sawah ternyata memiliki potensi besar sebagai pakan ternak. Azolla yang seringkali disebut ki ambang (Sunda) memiliki nutrisi tinggi yakni kaya protein dan serat.

Protein azolla mencapai 26-30% dengan 9,1% serat dari total bahan kering. Pemberian azolla sebanyak 6-10% dari total pakan harian dapat mengurangi konsumsi pakan di hari berikutnya.

Contoh kelinci yang perlu pakan pelet 50 gram/hari, setelah mengonsumsi azolla hanya cukup diberikan 35 gram pakan pelet per hari. Sudah begitu kehadiran azolla juga membuat daya tahan ternak meningkat karena protein pada azolla dapat meningkatkan sistem imunitas ternak.

Azolla juga mudah dibudidaya bila sulit diperoleh secara kontinu di sawah. Caranya ambil setengah ember azolla di sawah, lantas taruh di wadah atau kolam. Sebagai pemacu tumbuh azolla, berikan 0,5 kg pupuk kandang ayam dan 3 gram SP36 setiap meter persegi area budidaya. Dalam 4-7 hari azolla dapat tumbuh berlipat ganda hingga populasinya mencapai 4-7 kali lebih banyak dibandingkan kondisi awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 3