Bambu Dan Lele

2
12
bambu

Lele yang dipelihara di kolam empang biasanya menyukai area dasar kolam untuk bersembunyi. Lantas bagaimana menangkap lele tersebut tanpa harus menguras kolam? Apalagi jika hanya perlu menangkap beberapa ekor saja untuk di masak.

Potongan bambu dapat menjadi perangkap lele. Caranya, siapkan sebatang bambu sepanjang 1 meter yang salah satu ujungnya tertutup. Taru bambu itu di dasar kolam. Agar bambu bisa tenggelam, di sepanjang batang itu dibuat beberapa lubang seukuran paku besar.

Supaya lele mau masuk ke bambu, permukaan air kolam ditepuk-tepuk sehingga menimbulkan getaran yang biasanya membuat lele tersebut ketakutan, lalu bergegas untuk bersembunyi dalam bambu. Bila panen skala luas, lebih dari 1.000 m2, perlu sekitar 40 batang bambu.

2 COMMENTS

  1. Bagaiamana dengan Posisi bambunya dikolam ? Apakah ditaruh secara horizontal (posisi memanjang atau ditidurkan didasarkan kolam) ataukah vertical (posisi ditancapkan salah satu ujungnya didasar kolam)?

    • Lele merupakan jenis ikan demersal alias hidup di dasar. Oleh sebab itu posisi bambu ditaruh secara horizontal. Saat akan diangkat pastikan salah satu sisi bambu ditutup. Salam bebeja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here