Buah Lebat Tabulampot Jambu Air Kancing

Jambu air kancing tergolong mudah berbuah. Meski gampang berbuah, perlu perawatan yang baik supaya tanaman tersebut berbuah lebat, apalagi jika pehobi menanam di pot sebagai tabulampot. “Perawatan baik juga bisa membuat warna buah lebih maksimal merah,” kata Ujang Amin, penangkar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1. Saat menanam anggota famili Myrtaceae tersebut, pakai media tanam bersifat porous berupa campuran tanah, kompos, dan pupuk kotoran kambing, perbandingan 1:2:1.

2. Lakukan penggantian media tanam 2 kali setahun. Media tanam dapat diganti seutuhnya baru dengan komposisi media tanam seperti sebelumnya. Alternatif lain dengan mencampurkan media tanam lama dan kompos baru, perbandingan 1:1. Pupuk kotoran kambing ditaruh di atas media sebanyak 1 kg.

3. Pemupukan lain dengan memberi pupuk majemuk NPK sebanyak 1 sendok makan setahun sekali. Bila ingin memberi pupuk lain, gunakan pupuk organik sesuai dosis di kemasan.

4. Penyiraman cukup dilakukan ketika media tanam mulai kering, biasanya 2 hari sekali. Penyiraman perlu lebih sering, sehari 2 kali, saat tunas bunga muncul. Hal itu perlu diperhatikan pehobi karena kekurangan air pada tanaman berisiko menyebabkan bunga rontok.

5. Setelah panen, lakukan pemangkasan daun. Buang daun dan sisakan daun hanya di bagian pucuk. Hal itu akan merangsang tanaman berbuah lebat pada pada masa berbunga berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 33 = 34