Daun Ketapang Musuh Bakteri

Salah satu momok peternak ikan hias air tawar seperti cupang, koi, serta maskoki adalah penyakit oleh infeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Bakteri tersebut menyebabkan penyakit Motile Aeromonad Septicaemia (MAS). Ikan terserang akan mengalami pendarahan di sejumlah bagian tubuh seperti dada, perut, dan pangkal sirip.

Daun ketapang Terminalia cattapa terbukti mujarab mengatasi bakteri itu. Caranya dengan merendam sehelai daun ketapang tua di dalam wadah ikan. Senyawa tanin dan flavonoid pada daun ketapang yang juga berkhasiat sebagai herbal untuk mengatasi penyakit disentri dan sakit kepala tersebut menjadi kunci mengatasi bakteri itu.

Flavonoid dalam daun ketapang, misalnya akan mendorong tubuh ikan cepat bereaksi cepat terhadap kehadiran aneka bakteri bahkan virus penyakit. Senyawa flavonoid juga mempunyai sifat antiradang sehingga dapat meminimalisir perdarahan pada ikan apabila serangan terjadi. Ia juga serta merta menghambat aktivitas bakteri saat berupaya memproduksi toksin alias racun yang membahayakan keselamatan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 4 =