Gaya Maut Pukulan Cupang Adu

gaya-pukulan-maut-cupang-adu

Senjata andalan cupang adu selama 30 tahun ini masih tetap mbrebet macul. Jenis pukulan tersebut sangat berbahaya bila dikombinasi tenaga kuat dan gigi tajam.

Pukulan mbrebet macul diawali oleh pukulan menombak berkali-kali ke tubuh musuh. Gaya itu mirip mencangkul. Sisik lawan pun dipastikan somplak.

Rentetan pukulan diakhiri dengan gigitan keras ke badan musuh sembari memberikan dorongan kuat. Begitu lawan terdorong, cupang buru-buru mengait sisi yang tergigit. Tiba-tiba disentakkan dan lawan bakal lari menjauh.

Cupang adu impor disegani rata-rata memiliki senjata pamungkas itu. Melirik sejarah cupang adu pada 1980-an, baru cupang adu dari Singapura yang berciri mbrebet macul. Belakangan pada 1990-an, cupang adu dari Ipoh, Malaysia mulai bergaya serupa dan diikuti cupang adu dari Pulau Penang pada 2000.

Pukulan mbrebet macul merupakan perpaduan dari pukulan klasik nombak sentak, nombak brebet, dan nombak seri. Jenis pukulan nombak sentak dimiliki oleh cupang adu tipe tarung fighter. Pukulan dilontarkan seperti melempar tombak, lurus dan terarah serta mematikan. Lawan digigit lalu disentak seperti memotong buah dari tangkai.

Pukulan nombak mbrebet mirip dengan nombak sentak. Tetapi disaat menggigit, cupang akan mendorong dan mengguncang tubuh lawan yang digigit. Pukulan nombak seri dianut oleh cupang bertipe tarung slugger. Pukulan datang bertubi-tubi meskipun seringkali arahnya tidak jelas. Ketiga jenis pukulan itu dapat disatukan dengan menyilangkan pejantan dan betina yang berjenis pukulan berbeda.

Cupang adu dengan senjata mbrebet macul memiliki tubuh tipis, semi silinder, dan kepala berukuran sedang. Ia pun mempunyai bentuk ring bibir tebal, sedikit terbuka mirip bibir ikan oscar. Tubuh tipis itu bukan hasil latihan atau diet dengan mengurangi porsi pakan, tapi warisan seperti cupang slugger atau cupang adu dari spesies Betta imbillis.

Spesies Betta imbillis yang berdasi merah panjang, dikenal lincah bertarung, gesit, dan bergigi tajam. Namun, tenaga pukulan dan sisik tidak sekeras spesies Betta smaragdina yang berdasi pendek hitam. Jenis ini populer sebagai cupang adu belgi yang bermental baja.

Cupang adu mbrebet macul dapat muncul dari silangan ke-2 spesies tersebut. Pasalnya, tubuh mirip Betta imbillis tapi berdasi kombinasi merah hitam. Corak pada sirip itu serupa Betta smaragdina. Wajar bila ia dipanggil cupang adu serat belgi. Namun, tak serta merta seluruh cupang adu serat belgi memiliki pukulan mbrebet macul karena pukulan itu diturunkan dari ke-2 induk sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 − 45 =