Mangga Gundul Bebas Kutu Kebul

Pohon mangga merupakan salah satu tanaman favorit kutu kebul Bemisia tabaci menetap.

Kehadiran hama yang kerap dipanggil sebagai kutu putih itu cukup mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan penularan virus (terutama pada sejumlah komoditas hortikultura seperti tomat, kacang panjang, dan kacang kedelai, red).

Pada pohon mangga, kehadiran kutu kebul membuat tanaman mengalami gangguan pertumbuhan hingga sulit berbuah. Kehadiran kutu kebul mudah diketahui karena kutu tersebut seringkali bersembunyi dibalik daun.

Pada saat populasi kutu kebul melimpah, daun dapat menjadi keputihan bak diselimuti salju. Kutu kebul juga memicu embun jelaga. Kondisi itu terlihat dengan ciri bagian atas permukaan daun kehitaman. Kondisi permukaan tersebut menyebabkan proses asimilasi tanaman terganggu yang berujung terhambatnya pertumbuhan tanaman dan pembentukan buah.

Bila pohon mangga sudah terserang kutu kebul parah, cara paling efektif adalah melakukan pemangkasan total sehingga pohon mangga menjadi gundul tanpa daun. Bakar semua daun yang dipangkas.

Tidak perlu khawatir tanaman mati karena pohon mangga tahan kekeringan. Biasanya, sebulan pascapangkas total tersebut, tunas-tunas baru mulai muncul. Berselang 2 bulan, pohon mangga sudah hijau kembali tanpa kehadiran kutu kebul lagi.

4 Responses to Mangga Gundul Bebas Kutu Kebul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *