Penangkaran Arwana Superred Di Jakarta

Apakah menangkarkan arwana superred di Jakarta sebuah prestasi? Menilik keberadaan arwana superred yang merupakan satwa endemik sungai-sungai di Kalimantan Barat dan juga sulit memijah di luar habitat asli, tentu kabar keberhasilan menangkarkan arwana superred sesuatu istimewa.

Sejak akhir 1990-an hanya nama PT Muntjul Prima Utama di Cibubur Jakarta Timur yang sukses menangkarkan arwana superred. Berikutnya, pada medio 2000 muncul PT Arwana Indonesia di Cibubur, Jakarta Timur yang sukses menangkarkan arwana superred.

Kedua farm arwana superred tersebut menangkarkan dengan sistem berbeda dari farm arwana di Pontianak, Kalimantan Barat. Jika di Pontianak air kolam setiap hari dapat berganti baru sehingga merangsang siluk bertelur, di Jakarta karena keterbatasan air, perlakuan itu diminimalisasi.

Kalau pun bertelur, di Jakarta produktivitas arwana superred turun drastis, tapi setelah dibawa ke Kalimantan bisa meningkat kembali. Sebagai perbandingan fekunditas superred di habitat asli mencapai 30-60 butir; di Jakarta sekitar 10-25 butir.

Produksi rendah itu karena kondisi air yang berbeda dibandingkan habitat asli. Di Bumi Khatulistiwa, pH air berkisar 4-6 dengan suhu 27-28 derajat Celcius. Toh arwana superred tetap bisa ditangkarkan di luar habitat asli. Idealnya, habitat itu dibuat semirip mungkin dari aspek biologi dan ekologi. Kedua hal itu terkait dengan reproduksi sehingga menjadi sex stimulan untuk arwana kawin.

14 Responses to Penangkaran Arwana Superred Di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *