Resep Perkutut Rajin Berbunyi

perkutut-1Membuat stamina perkutut prima sehingga rajin berbunyi tidak sulit. Lukas Prasetyo, pehobi perkutut Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, rutin memberi vitamin racikan sendiri pada perkutut-perkututnya. Vitamin itu mujarab membuat stamina perkutut itu prima yang ujung-ujungnya burung rajin berbunyi.

Vitamin racikan tersebut terbuat dari telur kepiting. Telur itu direbus terlebih dahulu, lantas dikeringkan dengan cara dikeringanginkan. Sesudah benar-benar kering, selanjutnya telur kepiting itu ditumbuk halus hingga menjadi serbuk.

perkutut-4Serbuk telur kepiting itu selanjutnya dicampurkan ke dalam 1/2 botol minyak ikan scott emulsion, 1/4 bagian karton susu kedelai bubuk, dan 4 telur bebek. Seluruh bahan itu diaduk rata hingga menjadi adonan yang homogen.

Langkah berikutnya, membuat pelet berukuran kecil dari adonan tersebut agar perkutut mudah menelannya. Pelet-pelet itu dikeringangingkan supaya awet disimpan. Menurut Lukas susu kedelai dapat digantikan memakai kacang hijau dengan dosis sama. Begitu pula telur kepiting dapat diganti memakai udang. Vitamin itu diberikan sebanyak 3 butir setiap pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *