Sensasi Situgunung Suspension Bridge

“Keren banget sekarang Situgunung. Ada jembatan gantungnya,” ujar Rita Gustini dari Bintaro, Tangerang, Provinsi Banten. Perempuan 48 tahun itu menyambangi Taman Wisata Alam Situgunung di Sukabumi, Jawa Barat pada awal Juli 2019.

Ia berkunjung untuk mengenang pengalaman ketika melakukan kuliah kerja di lokasi sama sekitar 27 tahun silam saat mahasiswa. “Dulu belum ada jembatan gantung dan suasana lebih alami,” ujarnya pada bebeja.com.

Sejalan waktu Taman Wisata Alam Situgunung berbenah. Salah satunya pembangunan Situgunung Suspension Bridge alias jembatan gantung Situgunung sepanjang 240 meter dengan tinggi 150 meter. Jembatan itu beroperasi pada September 2018 dan dikelola swasta.

Biaya melintasi jembatan gantung tersebut Rp50.000/orang. Waktu operasi jembatan pukul 06.30-17.00 pada hari biasa. Meski demikian pada akhir pekan atau liburan saat pengunjung membludak, waktu tutup diperpanjang hingga pukul 21.00-22.00.

Bagi Rita melintasi jembatan gantung memberikan sensasi. Selain jembatan itu panjang dan membelah hutan, saat angin berhembus kencang jembatan bergoyang-goyang. Sebab itu untuk melintas, pengelola membatasi setiap 100 pengunjung. Durasi waktu melintas plus swafoto rata-rata 15-20 menit. Soal foto, jembatan gantung Situgunung tergolong instagramable yang menarik wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + = 6