Tanamlah Bibit Sayuran Sore Hari

Kapan waktu terbaik menanam bibit? Jawabnya sore hari. Penanaman bibit pada sore hari memiliki nilai tambah karena bibit tidak mengalami kekeringan lebih lama. Bila tidak memungkinkan, usahakan menanam pada pagi hari sebelum pukul 08.00. Gunakan bibit berumur 16-20 hari, atau minimal sudah berdaun 4 helai.

Bibit yang siap dipindahkan perlu segera disiram dan sebaiknya juga direndam dalam larutan fungisida sistemik atau bakterisida dengan dosis 0,5-1,0 gram/liter air, selama 15-30 menit. Tujuannya untuk mencegah penularan hama dan penyakit.

Selanjutnya, ambil bibit secara cermat untuk menghindari perakaran rusak. Usahakan media tanam saat pembibitan masih menempel pada serabut akar. Akar rusak membuat tanaman stres dan mati. Pindahkan tanaman secara hati-hati ke dalam lubang tanam.

Usahakan posisi tanaman tepat di tengah lubang tanam. Padatkan tanah di sekitar tanaman, jangan sampai ada celah antartanah. Celah yang ada berpeluang menyebabkan serangan hama dan penyakit. Setelah itu siram tanah di sekeliling tanaman sampai cukup basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 80 = 86