Ada Kampung Cokelat di Blitar

kampung-cokelat3Blitar memang identik dengan koi. Harap mafhum ratusan pemijah dan pembesar koi terdapat di kabupaten seluas 32,58 km2 itu. Namun boleh jadi beberapa tahun ke depan, Blitar akan identik dengan cokelat. Blitar tengah menggeliat menjadi sentra baru cokelat di tanahair.

Sebagai sentra baru, sejak 2014 Blitar memiliki Wisata Edukasi Kampung Cokelat di Banteng Blorok, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur. Pengunjung yang datang di kampung seluas 2 hektar itu dapat belajar apapun mengenai tanaman cokelat mulai budidaya, bisnis hingga pengolahannya.

Adalah Kholid Mustafa bersama Gabungan Kelompok Tani Guyub Santoso yang lantas bersalin rupa menjadi Koperasi Serba Usaha yang dipimpinnya merintis Kampung Cokelat itu. Sejatinya Kholid adalah peternak ayam besar. Namun badai flu burung meluluhlantakan usaha unggasnya itu sehingga ia beralih meneruskan usaha berkebun cokelat yang telah ditekuni orangtuanya.

kampung-cokelat1Totalitas bagi Kholid memang perlu. Itu sebabnya ia memperdalam ilmu tentang cokelat di PT Perkebunan Nusantara XII hingga Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka), Jember, Jawa Timur. Selepas menimba ilmu itu Kholid menyebarkan sekitar 75.000 bibit kakao bagi gabungan kelompok taninya yang terdiri atas 48 kelompok tani.

Kampung Cokelat sendiri lahir atas kendala pemasaran yang dialami Kholid. Terbukti jurus itu jitu untuk mengedukasi pembeli supaya dapat mengetahui tatacara produksi hingga penanganan bila ekspor.

Seiring waktu Kampung Cokelat menjadi tujuan wisata di Blitar. Tak hanya lokal, tapi juga mancanegara. Wisatawan yang datang dapat menikmati aneka sajian cokelat serta melongok proses produksi dan pengolahan. Pengolahan saat ini mencapai 300 kg bubuk cokelat murni yang diolah menjadi beragam produk seperti permen cokelat, dodol cokelat, mi cokelat, dan lainnya.

Pengunjung pun dapat mengikuti paket wisata dengan harga terjangkau kurang dari Rp50.000/orang. Dengan paket itu, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman cokelat, belajar budidaya cokelat, menghias dan mencetak cokelat hingga mengikuti aneka permainan berkaitan dengan cokelat.

kampung-cokelat4 kampung-cokelat2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + = 7