Bandung Dari Bukit Moko

Berkali-kali ke Kota kembang Bandung, Jawa Barat, baru kali ini Bagaskoro bisa menikmati hamparan pemandangan kota Paris van Java itu. Bukan dari Bukit Dago yang selama ini digadang-gadang sebagai lokasi terbaik melihat Bandung, tapi dari Bukit Moko di Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung. “Keren pake banget,” ujar siswa SMA Pangudi Luhur, Jakarta itu.

Bukit Moko yang populer dipanggil Puncak Bintang Moko lantaran wisatawan dapat melihat bintang-bintang di langit, bersih tanpa bias lampu kota itu tidak hanya menyajikan pemandangan Bandung semata. Aneka tanaman sayur seperti kol, bawang daun, hingga caisim mudah dijumpai di kebun-kebun warga di lokasi dengan ketinggian 1.500 m dpl tersebut.

Jalan menuju Bukit Moko yang berjarak sekitar 1-1,5 jam perjalanan dari Kota Bandung melalui Jalan Padasuka itu pun memacu adrenalin. Selain sempit dan berkelok, tanjakan menuju Bukit Moko terbilang curam hingga kemiringan 45 derajat. Walhasil sejumlah motor wisatawan acapkali mati lantaran tak kuat menanjak.

Lokasi yang disukai wisatawan tatkala malam hari untuk menatap lampu-lampu Kota Bandung itu juga menyediakan aneka penganan yang dijajakan di warung di sepanjang Caringin Tilu. Menunya sesuai kondisi alam yang dingin: jagung bakar serta beragam minuman hangat mulai dari bandrek, kopi, hingga bajigur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − = 71