Cangkok Tabulampot Jeruk Jari Buddha

jeruk-jari-buddhaSebuah email dari rekan bebeja.com, Matt asal Sacramento, California, Amerika Serikat itu diterima tengah hari pada 13 Oktober 2014. Isi email itu sebuah foto unik: tabulampot jeruk jari buddha.

Tabulampot jeruk jari budhha itu jelas istimewa lantaran mengeluarkan hingga 4 buah jeruk jari buddha. Namun yang lebih istimewa lagi justru cara Matt memperbanyak Citrus medica itu dengan cara mencangkok.

Cara yang ditempuh pehobi bonsai itu bukan seperti mencangkok biasa. Pria berumur 45 tahun itu justru bereksperimen dengan menaruh pot berisi media tanam di bagian batang yang dicangkok. Sebuah pot berdiameter 20 cm yang di salah satu sisinya dibelah diselipkan di antara batang.

Nah agar pot tidak jatuh karena berisi beban media tanam, pot itu diikatkan kawat ke cabang lain. Menurut Matt saat jeruk jari macan-sebutan di Nanggroe Aceh Darussalam-asal cangkok siap dipisahkan, ia akan memotongnya di batang utama. Matt hakul yakin batang utama tidak akan mati bahkan akan tumbuh tunas-tunas baru selama akarnya masih hidup dan sehat.

2 Responses to Cangkok Tabulampot Jeruk Jari Buddha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 − 36 =