Lipsus (4) : Nanggroe Aceh Darusallam Rumah PENAS XV KTNA 2017

rembug-1Rembug Utama yang digelar di Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menetapkan Provinsi Nanggroe Aceh Darusallam (NAD) sebagai tuan rumah PENAS XV pada 2017.

Terpilihnya NAD sebagai tuan rumah PENAS XV setelah dalam voting berhasil unggul suara dari kandidat lain Provinsi Sumatera Barat. Provinsi NAD memperoleh 21 suara dari KTNA Provinsi, sedangkan Sumatera Barat memperoleh 13 suara.

Kepada bebeja.comĀ Sekretaris Daerah Pemprov NAD, Dermawan MM menyatakan kemenangan itu menjadi sesuatu yang penting untuk petani dan nelayan di Aceh agar pembangunan pertanian secara keseluruhan di Serambi Mekah itu dapat terdorong lebih maju. “Ini keberhasilan kami setelah hgagal dalam 3 kali pencalonan sebagai tuan rumah PENAS,” ujarnya.

“Kita akan banyak menimba ilmu dan bertukar pengalaman untuk kemajuan pertanian di Aceh pada momentum itu,” ujar Dermawan. Sebagai persiapan untuk saling berbagi ilmu, Pemprov NAD sudah menetapkan Pulau Raya sebagai lokasi pemurnian sapi aceh. “Di sana nantinya para petani bisa melihat sumber plasma nutfah sapi aceh,” ujar Dermawan. Tak hanya itu, petani dan nelayan juga akan di ajak mengunjungi perkebunan kopi gayo di Aceh Tengah dan tambak udang dan bandeng di Kabupaten Bireun.

rembug4

rembug3rembug2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 10 = 17