Rumput Kipas Dan Infeksi Saluran Kencing

rumput-kipasRosi Zanuri tak pernah menduga bila demam tinggi selama 3 hari yang mencapai 40 derajat Celcius di disertai mengigil dan sakit di pinggang tersebut ternyata efek kehadiran Escherichia coli di saluran kencingnya. Dokter mendiagnosa perempuan 46 tahun itu menderita infeksi saluran kemih (ISK).

Sejatinya infeksi saluran kencing memperlihatkan keberadaan mikrob di urine. Mikrob yang dapat dijumpai antara lain Escherichia coli (90%), Proteus mirabilis (30% pada pada anak laki-laki dan 5% pada pada anak perempuan), Klebsiella pneumonia, serta dan Pseudomonas aeruginosa.

Pada kasus Rosi Zanuri, pemicu infeksi yang dialaminya lantaran kondisi tubuhnya menurun serta menoupose. “Saya memang jarang berolahraga teratur,” ujar ibu 2 puteri di Bekasi, Jawa Barat itu. Pada perempuan, menoupose menyebabkan perubahan lapisan vagina dibarengi penurunan produksi hormon estrogen sehingga mikrob mudah menyusup.

Salah satu tanaman yang mampu membantu mengatasi infeksi saluran kencing adalah rumput kipas Selaginella tamariscina. Tumbuhan dengan senyawa-senyawa saponin, glikosida, serta flavonoid (mentoflavone, cryptomerin B, isocryptomerin, dan hinokifalvon) tersebut cukup ampuh melawan infeksi. Konsumsinya mudah dengan mengambil segenggam rumput kipas, lantas merebusnya dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah disaring dan dingin, konsumsi 2 kali pada pagi dan malam hari.

Khasiat rumput kipas tak hanya mengatasi infeksi saluran kencing. Riset Seong Hun Ahn dari Department of Herbal Resources dari Universitas Dongshin di Chonnam, Korea Selatan sepeti termaktub dalam Journal of Medicinal Food Volume 9 (2) memperlihatkan kehebatan anggota famili Selaginellaceae itu dalam membuat sel-sel kanker leukimia melakukan apoptosis atau bunuh diri sel.

Penelitian lain oleh E. Ran Woo dan rekan dalam Biological & Pharmaceutical Bulletin Volume 29 (5) juga menunjukkan kinerja apik rumput kipas dalam mengurangi proliferasi (siklus pertumbuhan) sel kanker lambung. Kemampuan melawan sel kanker juga terungkap dari riset Jia-Sin Yang dan rekan dari China Medical University di Taiwan pada 2013. Riset itu menguak peran rumput kipas dalam menghambat metastasis sel kanker. Metastasis merupakan penyebaran sel-sel kanker ke organ lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

67 + = 69