Ayo Ke Museum Etnobotani LIPI

museum-etnobotani

Kota Bogor, Jawa Barat, tidak hanya Kebun Raya Bogor saja yang bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan adik-adik. Tidak jauh dari Kebun Raya ada Museum Etnobotani LIPI.

Etnobotani? Apa sih artinya? Adik-adik, etnobotani adalah cabang ilmu tumbuhan yang mempelajari hubungan antara suku-suku yang berdiam di suatu tempat dengan tumbuhan yang ada di dalamnya. Menariknya yang mencetuskan etnobotani itu bukan seorang ahli biologi, melainkan antropologi Amerika bernama Harsberger pada 1895.

Di Bogor, Museum Etnobotani yang letaknya tak jauh dari Stasiun Keretaapi itu pertamakali digagas oleh Prof Sarwono Prawirohardjo pada 1960-an. Beliau adalah ketua LIPI pada saat itu. Seiring perjalanan waktu dengan melibatkan Dr Setiaji Sastradipraja yang pada 1973 memegang jabatan direktur Lembaga Biologi Nasional, embrio Museum Etnobotani di Indonesia terwujud. Mantan presiden kita Prof Dr Ing BJ Habibie yang pada 1982 menjabat Menristek meresmikan Museum Etnobotani tersebut.

Adik-adik banyak yang bisa kalian lihat di Museum Etnobotani itu. Saat ini jumlah koleksi Museum Etnobotani yang terletak di Jalan H Juanda No 22 itu mencapai 1.700 nomor dari seluruh penjuru Nusantara. Benda-benda yang ditampilkan di sana dipamerkan berdasarkan jenis tumbuhan dan pemanfaatannya.

Adik-adik saat kalian berkunjung ke kota Hujan, Bogor, jangan lupa mengajak orangtua kalian ya untuk berkunjung ke Museum Etnobotani yang buka setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00-16.00 (khusus Sabtu & Minggu dengan perjanjian. Kontak Pusat Penelitian Biologi LIPI telepon: 0251-322035).

2 Responses to Ayo Ke Museum Etnobotani LIPI

  1. saya dari jambi ada kunjungan ke lipi tanggal 8 mei 2014…gimana tata cara prosedur nya …mhon info nya pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 71 = 79