Budidaya Jeruk Madu Medan

0
63
jeruk madu medan

Jeruk madu medan terkenal sebagai jeruk siam manis yang rasanya seperti madu dan bebas asam. Jeruk karo dan jeruk sadu merupakan dua sebutan untuk jeruk madu medan yang dibudidayakan di Kabupaten Karo (Sumatera Utara) dan Kabupaten Bandung (Jawa Barat). Jeruk madu Medan terdiri atas 4-5 buah per kilogram, beraroma harum, serta mudah dikupas.

Budidaya jeruk madu medan

  • Iklim dan lokasi: Jeruk madu medan tumbuh subur di lokasi beriklim hangat, subtropis, dan tropis. Mereka memerlukan suhu minimum 10°C dan sensitif terhadap embun. Pilih lokasi dengan drainase (pengairan) baik serta berlimpah sinar matahari.
  • Persiapan tanah: Tanah perlu berdrainase baik dengan pH sedikit asam hingga netral. Siapkan tanah dengan membajak hingga kedalaman minimal 30 cm, lalu mencampurkannya dengan bahan organik seperti kompos.
  • Penanaman: Jeruk madu medan dapat ditanam dari biji, tapi lebih umum memakai hasil cangkok agar kualitas dan produktivitas buah seperti tanaman induk. Tanam pada awal musim hujan. Atur jarak tanam antarpohon sekitar 3-4 meter.
  • Penyiraman: Tanaman muda jeruk madu medan perlu disiram teratur. Pastikan tanah lembap, tetapi tidak menjadi genangan air. Tanaman dewasa dapat mentolerir kekeringan meski perlu tetap disiram ketika musim kemarau.
  • Pemupukan: Berikan pupuk berimbang dengan unsur hara mikro selama musim tanam. Ikuti dosis berdasarkan umur dan ukuran tanaman.
  • Pemangkasan: Pangkas tanaman untuk membuang cabang mati atau sakit serta mempertahankan bentuk tajuk tanaman. Pemangkasan teratur dapat meningkatkan sirkulasi udara dan produksi buah.
  • Pengendalian hama dan penyakit: Hama kutu daun dan kutu putih perlu diwaspadai. Gunakan pestisida untuk mengendalikan hama. Periksa teratur penyakit menyerang tanaman jeruk.
  • Panen: Jeruk madu medan siap dipanen pada akhir musim panas. Gunakan gunting untuk memanen buah masak dan pastikan batang kecil tetap menempel pada buah.
  • Penyimpanan: Simpan jeruk madu di tempat sejuk dan kering untuk penyimpanan jangka pendek. Bila jangka panjang, gunakan lemari pendingin.

FAQ:

  1. Apakah jeruk madu medan bisa ditanam dalam pot? Silahkan baca ulasan berikut: Buahkan Tabulampot Jeruk 
  2. Apakah jeruk bisa dipanen pada musim hujan? Silahkan baca ulasan berikut: Panen Jeruk Dengan Cekaman Air 
  3. Apakah buah jeruk aman bagi kesehatan mulut dan gigi? Silahkan baca ulasan berikut: Jeruk Cegah Karang Gigi 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here