Ini Sebab Penampilan Bagus Pisang Cavendish

0
32
pisang cavendish

Pisang cavendish Musa paradisiaca termasuk jenis pisang populer di Indonesia. Pisang cavendish yang berasal dari nama William Cavendish, Duke of Devonshire ke-6, yang menerima kiriman pisang dari pendeta pada 1834 itu, memiliki tekstur lembut, kulit tipis, dan rasa manis agak asam.

Pisang cavendish memiliki banyak manfaat kesehatan, berkat kehadiran serat, potasium, vitamin C dan B6, serta antioksidan. Pisang cavendish dapat membantu mengatur tekanan darah, mengontrol aktivitas jantung, memberikan asupan energi, serta memulihkan otot.

Pisang cavendish dapat ditanam di daerah tropis dan subtropis, dengan suhu optimum sekitar 27°C, curah hujan sekitar 200-220 mm, dan kelembapan tanah tidak kurang dari 60-70%. Pisang cavendish diketahui sensitif terhadap angin kencang dan sinar matahari berlebih.

Pisang cavendish bisa mempunyai penampilan mulus karena buah muda dibungkus. Sebelum dibungkus, buah tersebut disuntik pestisida sistemik dosis 2 ml/liter air (80 cc/tandan) untuk membunuh serangga Nicoleila octatema yang menyebabkan kulit buah pisang terlihat burik. Perlakuan itu diberikan 2 kali dengan interval jarak 2 minggu saat tandan masih tegak.

Jenis pisang lokal sesungguhnya bisa dibuat mulus serta kulitnya seragam kuning seperti pisang cavendish melalui teknik pascapanen. Pisang ambon, misalnya, setelah dipilih dan dicuci bersih, disimpan dalam ruang pendingin bersuhu 14-15°C, lantas disemprotkan gas etilen selama 10 menit (tekanan 10 bar). Selanjutnya, diamkan selama 3 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here