Manfaat Tersembunyi Sukun

Pohon sukun mempunyai manfaat besar sebagai sumber pangan karena memiliki kalori dan kandungan gizi tinggi. Sukun masuk dalam lampiran International Treaty on Genetic Resource for Food and Agriculture karena jenis tersebut berkontribusi terhadap upaya global dalam menjamin ketahanan pangan.

Peran sukun sebagai pangan sudah diketahui sejak lama. Sir Joseph Banks yang berlayar di HMS Endeavour dengan Kapten Cook pada 1769, mengakui potensi sukun sebagai sumber pangan. Ia pun mengusulkan kepada Raja George III untuk mengangkut tanaman sukun dari Tahiti ke Karibia. Saat itu sukun dipandang sebagai sumber pangan yang sangat baik untuk para budak di Afrika di perkebunan di Karibia.

Di tanahair, sukun juga telah lama dimanfaatkan oleh penduduk mulai dari digoreng, dibuat keripik, gulai, jus, hingga menjadi perkedel. Bahkan Dalam bidang kehutanan, sukun merupakan salah satu jenis pohon pilihan dalam kegiatan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan karena memiliki sistem perakaran kuat dan tajuk lebar yang berguna mengurangi laju erosi.

Dari sisi budidaya, sukun tergolong mudah dibudidayakan secara luas maupun sedikit seperti di pekarangan. Jarak tanam yang digunakan umumnya lebar karena tajuk tanaman sukun juga cukup lebar. Penanaman pada lahan terbuka tidak ternaungi akan membantu pertumbuhan tanaman sukun lebih baik sehingga lebih cepat berbuah. Produksi buah sukun per hektar rata-rata mencapai 4-20 ton setiap kali musim buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =