Pilih Ikan Nila Nirwana 3

0
16
ikan nila nirwana

Ikan nila nirwana 3 merupakan pengembangan dari seri ikan nila nirwana (nila ras wanayasa) 1 pada 2006 dan ikan nila nirwana 2 pada 2011. Ikan nila nirwana 3 yang merupakan hasil pemuliaan dari Balai Pengembangan Budidaya Ikan Nila dan Mas (BPBINM) di Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat itu, memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan generasi sebelumnya.

Ikan nila nirwana 3 yang dirilis sebagai varietas unggul berdasarkan Keputusan Menteri KKP No 28/KEPMEN-KP/2016 tersebut, mempunyai kecepatan pertumbuhan 23,41% lebih cepat daripada ikan nila nirwana 2 dengan rasio konversi pakan (FCR) lebih rendah sekitar 27,66%, bila dipelihara di kolam air tenang pada uji multisistem. Persentase itu tidak berbeda bila Oreochromis niloticus itu dipelihara di kolam air deras dan keramba jaring apung (KJA).

Justru yang menjadi menarik, pemeliharaan ikan nila di keramba jaring apung memperlihatkan kecepatan pertumbuhan hingga 30% lebih cepat dengan nilai FCR lebih rendah sekitar 35%. Itu artinya, pada budidaya ikan nila di keramba jaring apung, ikan tersebut mampu memanfaatkan ketersediaan pakan alami lantaran ikan nila bersifat omnivora alias pemakan segala.

Keunggulan ikan nila nirwana 3 dengan ukuran kepala sedikit lebih kecil dibandingkan ikan nila nirwana 2 itu, mempunyai persentase karkas cukup tinggi. Sebagai filet misalnya, persentase karkas ikan nila nirwana 3 bisa mencapai 39%.

Ikan nila nirwana 3 yang mempunyai fekunditas mencapai 3.000 telur itu memang layak menjadi pilihan peternak untuk dibudidaya, karena ia memiliki citarasa daging gurih serta kenyal. Ini disukai konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here